Ellyas Pical, Memasak Ikan Kuah Kuning dan Berlatih Tinju


satumaluku.com- Legenda hidup tinju Indonesia Ellyas “Elly” Pical, ternyata tidak hanya jago bertinju di ring. Dia juga piawai dalam hal memasak.

Sebagai pemuda Maluku, Elly yang kini sudah berusia 55 tahun, sangat terampil memasak nasi goreng dan ikan kuah kuning. Ketrampilan memasaknya, ini diperoleh dari Mama Ana, ibunda tercinta.

“Kalau di Ambon, nasi goreng tidak pakai daging. Tapi pakai ikan cakalang,” kata Elly dilansir Bola.

Selain nasi goreng, Elly mengaku, jago juga dalam membuat sejumlah makanan khas Maluku. Salah satunya adalah membuat ikan kuah kuning. “Pokoknya enak kalau saya masak ikan kuah ini. Ini makanan khas dari Maluku,” timpal mantan Juara Dunia Tinju kelahiran Saparua ini.

Saat ini, Elly juga masih sering berkunjung ke sasana tinju untuk berlatih. Dia mengaku, jika tidak berlatih tinju, justru badannya terasa sakit.

Lantaran kebiasaannya yang terus berlatih tinju itu, dia diundang untuk naik ring kembali dalam duel ekshibisi dua ronde melawan mantan petinju nasional lainnya, Feras Taborat, di Balai Sarbini, Jakarta, Jumat (5/2/2016) lalu.

Laga ini jadi salah satu partai tambahan pertarungan tinju dunia kelas ringan versi World Boxing Organization (WBO) antara Daud “Cino” Yordan (Indonesia) dan Yoshitaka Kato (Jepang). Elly turun lagi ke ring dengan tujuan mengangkat kembali tinju Indonesia yang belakangan ini memang menurun pamornya.

Para penonton yang hadir di Balai Sarbini juga diajak untuk membantu petinju pertama Indonesia yang bisa menjadi juara dunia tersebut. Di pintu keluar Balai Sarbini terdapat kotak di mana para pengunjung bisa memberikan sumbangan atau bantuan untuk Elly.

Elly Pical merupakan orang Indonesia pertama yang bisa merebut titel dunia. Dia meraih sabuk juara super flyweight IBF pada 3 Mei 1985 dari petinju Korea Selatan, Chun Ju Do.

Setelah kalah dari Juan Polo Perez pada Oktober 1989, Elly Pical mulai menepi dari ring tinju dan hanya tiga kali tampil pada pertandingan non-gelar, lalu pensiun.

Catatan karier Elly Pical adalah 20 kali menang, 11 di antaranya dengan KO, 1 kali seri, dan 5 kali kalah. Beberapa kali, Elly juga sering diminta Pertina menjadi pelatih tamu. (avp)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s