Jadi Milik Pemkot Ambon, Benteng Victoria Akan Dijadikan Cagar Budaya


satumaluku.com- Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan Benteng Victoria yang selama ini menjadi markas Detasemen Kaveleri 5/BLC Kodam XVI/Pattimura, akan diajdikan sebagai cagar budaya.

Hal ini dipastikan, setelah Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara resmi menyerahkan lokasi Benteng Victoria kepada pemerintah Kota Ambon.

Menurutnya Richard, luasan benteng yang mencakup 6 hektar tersebut, akan sangat bermanfaat besar bagi Kota Ambon khususnya untuk pengembangan pariwisata kedepan.

‘’Jadi Pangdam sudah mendapat arahan dan petunjuk langsung dari Panglima TNI untuk Benteng Victoria bisa diserahkan kembali kepada Pemkot Ambon dengan catatan Benteng tersebut tidak boleh diperuntukan untuk komersial tetapi menjadi sejarah bagi Kota Ambon,’’ katanya.

Serah terima lokasi benteng Victoria sudah dilakukan Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo kepada Wali Kota Ambon Richard Lohenapessy pada Rabu (3/2/2016) lalu, di balai kota. Penyerahan ini merupakan bagian dari kerjasama yang dilakukan Pemkot Ambon dan Kodam XVI/Pattimura untuk pengembangan Benteng Victoria kedepan.

Nantinya, Pemkot Ambon akan mengganti lokasi Benteng Victoria tersebut, dengan cara menyiapkan lahan baru kepada TNI. Namun lokasinya bukan di Kota Ambon tapi di wilayah Maluku Tengah. “soal pembangunan markas baru TNI itu akan dilakukan oleh Pemerintah Pusat,” tandasnya.  (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s