Rp20 Miliar Disiapkan untuk Perluasan Bandara di Dobo


satumaluku.com- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku menyediakan dana Rp20 miliar pada 2016 untuk mengembangkan Bandara Rar Gwamar agar bisa didarati pesawat berbadan lebar dan memperlancar aktivitas penerbangan. Selama ini hanya satu maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Dobo, yakni Trigana Air.

“Anggaran Rp20 miliar itu untuk menambah panjang maupun lebar landasan pacu Bandara Rar Gwamar,” kata Penjabat Bupati Kepulauan Aru Angelius Renjaan di Ambon, akhir pekan kemarin.

Menurut Renjaan, pihaknya memprogramkan landasan pacu mencapai 1.600 – 1.700 meter dan lebar minimal 30 meter. Tujuannya agar mendukung minat manajemen Wings Air maupun Garuda Indonesia mengoperasikan pesawatnya ke Bandara Rar Gwamar. Panjang landasan pacu Bandara Rar Gwamar saat ini 1.300 meter dan lebar 23 meter.

Dia mengakui, manajemen Wings Air telah melakukan survei Bandara Rar Gwamar pada pekan lalu dan meminta perlunya pemangkasan sejumlah pohon di sekitar kawasan Bandara dan pengadaan avtur oleh PT Pertamina di sana.

Dia juga mengatakan, awalnya meminta manajemen Express Air untuk beroperasi ke Bandara Rar Gwamar ternyata tidak terealisasi karena sejumlah kesepakatan ternyata berat bila ditalangi Pemkab Kepulauan Aru.

“Saya keberatan dengan adanya kesepakatan yang ternyata relatif mahal sehingga tidak bisa dipenuhi Pemkab Kepulauan Aru,” tegas Angelius.

Dia menyatakan, bila manajmen Wings Air telah mengoperasikan pesawatnya, baik ke maupun balik Bandara Rar Gwamar, maka harga tiket cenderung menurun.

“Harga tiket Ambon – Dobo PP yang selama ini dilayani pesawat milik Trigana Air bervariasi Rp1.300.000- Rp1.900.000 per penumpang sehingga sering meresahkan masyarakat,” kata Angelius.  (ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s