Dubes Tamatan SMA Xaverius Ambon Ini Akhiri Tugas dengan Penghargaan


satumaluku.com- Putra Maluku yang menjadi Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus Djauhari Oratmangun akan mengakhiri tugasnya. Di penghujung tugasnya sebagai Dubes, Djauhari mendapat penghargaan dari Dewan Federal Federasi Rusia atas dukungannya pada upaya peningkatan kerja sama parlemen Indonesia dengan Federasi Rusia.

Siaran pers KBRI Moskow, Minggu (7/2/2016), menyebutkan Wakil Ketua Dewan Federal Federasi Rusia Ilya Umakhanov memberikan medali penghargaan kepada Dubes Djauhari pada Jumat siang waktu setempat di kantor Dewan Federal, Moskow.

Ilya Umakhanov mengatakan kerja sama antara Dewan Federasi Rusia dengan Dewan Perwakilan Daerah Indonesia merupakan contoh nyata kerja sama yang efektif.

“Parlemen turut memainkan peran penting dalam mempererat hubungan antar-negara,” katanya dilansir Kantor Berita Antara.

Sementara Dubes Djauhari mengatakan hubungan parlemen Indonesia dan Rusia berjalan sangat baik, khususnya berkat hubungan baik Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman dengan Ketua Dewan Federasi Rusia Valentina Matvienko.

Dalam pertemuan dengan Dewan Federal Federasi Rusia yang berlangsung sekitar 45 menit itu disinggung pula berbagai persiapan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Rusia di Sochi pada Mei 2016.

Dubes Djauhari Oratmangun, yang masa tugasnya akan berakhir, pada kesempatan itu juga berpamitan. 

Inspiratif

Bagi masyarakat Maluku, Djauhari merupakan salah satu tokoh muda yang memiliki karir cemerlang. Pria asal Tanimbar, Maluku Tenggara Barat ini, lahir di Deo, Sangihe Talaud, Sulawesi Utara, 22 Juli 1957.

Menjalani pendidikan dasar di SD Saumlaki dan SD Xaverius Ambon, suami dari Elsiwi Handayani ini kemudian melanjutkan pendidikan menengah di SMP dan SMA Xaverius Ambon.

Tamat SMA di Ambon, Djauhari melanjutkan pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi Univeristas Gajah Mada. Dia juga menimba ilmu di New York University, New York – Bridgeport University, Connecticut – International Peace Academy, New York – Centre for Applied International Negotiations, Geneva – International Trade Organization-WTO, Geneva.

Jabatan Dubes RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus mulai diemban pada 2011 lalu. Namun sebelumnya, dia menjabat sebagai Direktur Jenderal ASEAN/Kepala Sekretariat Nasional Indonesia-ASEAN (2009).

Sebagai seorang ekonom yang berkarir di Deplu, ayah tiga anak ini juga pernah menjabat Direktur Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup PBB (2003-2004).
(ant/avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s