9 Petinju Korea Pastikan Tampil di Kejuaran Tinju Gubernur Maluku


satumaluku.com- Petinju-petinju asal Korea Selatan sudah memastikan ikut serta di ajang Kejuaraan Tinju Terbuka Gubernur Maluku II, Maret mendatang, di Ambon. Negeri ginseng itu sudahmendaftarkan sembilan petinju untuk berlaga di ajang tersebut. Sembilan petinju Korea Selatan itu terdiri dari tujuh putra dan dua putri.

Ketua Panitia Penyelenggara Kejuaraan Tinju Terbuka Gubernur Maluku II Pieter Saimima mengatakan Korea Selatan mendaftar melalui email panitia.”Kami mengharapkan Korea Selatan untuk event 2016 ini tidak membatalkan pengiriman petinjunya karena sejumlah negara sahabat lainnya juga diundang,” katanya kepada wartawan, Sabtu (13/2/2016). Negara lainnya yang diundang diantaranya Malaysia, China Taipei, Singapura dan Thailand.

Dia mengemukakan, petinju yang telah mendaftar untuk mengikuti kejuaraan piala Gubernur Maluku yakni 60 atlet yakni 52 putra dan delapan putri. Mereka berasal dari China Taipei, Jawa Barat, Banten, Pengkot ternate, Pengkab Buru Selatan, Sasana Batek Makassar dan Sasana Ama Sparta Makassar.

“Strategisnya Kejuaraan Tinju Piala Gubernur Maluku II, bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari evaluasi prestasi petinju menjelang PON XIX yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Jawa Barat pada 17-29 September 2016,” timpalnya.

Sebelumnya, Ketua Pengprov Pertina Maluku, Sam Latuconsina mengemukakan, kejuaraan ini merupakan realisasi dari program Pengprov Pertina Maluku periode 20014 – 2018 yang diputuskan melalui Mukerda di Ambon pada 23 Juni 2014.

“Kejuaraan harus diintensifkan untuk mengevaluasi program latihan yang diterapkan para pelatih, mengukur prestasi petinju dan menggairahkan cabang olahraga tinju di Maluku sehingga bisa menelorkan atlet berprestasi, baik di tingkat nasional, regional maupun Internasional,” tegasnya. Kejuaraan piala Gubernur juga dimanfaatkan untuk mengevaluasi prestasi petinju yang nantinya disiapkan mewakili Maluku di Pra PON XIX.

“Kami telah sukses menyelengarakan Pra PON XIX wilayah Timur Indonesia di Ambon pada 26 – 30 Oktober 2015 dengan mendapatkan restu dari Gubernur Maluku Said Assagaff, Ketua DPRD Edwin Huwae dan KONI setempat,” kata Sam Latuconsina.(avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s