Komunitas Green Moluccas Siapkan Aksi Bersihkan Ambon


satumaluku.com- Komunitas pemerhati lingkungan “Green Moluccas” akan melakukan aksi membersihkan Pulau Ambon, 20-21 Februari 2016.

“Memperingati hari Sampah, kita akan menggelar aksi bersama membersihkan Pulau Ambon sebagai bentuk kepedulian dan kebersihan lingkungan hidup,” kata Koordinator Green Moluccas, Meggy Alfons, dilansir Antara.

Ia mengatakan, aksi bersih Ambon dari sampah merupakan langkah membenahi serta mengedukasi masyarakat agar memahami pentingnya kebersihan lingkungan.

Langkah yang dilakukan pihaknya juga disebabkan banyaknya sampah di darat dan di laut sehingga membuat keindahan Teluk Ambon serta bawah laut tercemar dengan sampah.

“Banyak sampah serta masalah lingkungan yang harus dibenahi, aksi yang kita lakukan semata-mata untuk mengedukasi masyarakat, kita bekerja sendiri tanpa dukungan yayasan atau pemerintah, yang dibutuhkan adalah dukungan masyarakat,” katanya.

Meggy menjelaskan, aksi bersih akan dilakukan di tujuh titik di Ambon yakni kawasan Teluk Ambon, Tantui-Galala, Tawiri-Laha, Latuhalat, Karang Panjang, Hukurila, dan kawasan ekowisata mangrove Passo.

“Kami telah melakukan sosialisasi ke masyarakat dan mendapat respons yang cukup baik, kita akan melibatkan seluruh pihak baik pemerintah, TNI Polri serta unsur masysarkat,” katanya.

Aksi tersebut katanya juga dilakukan serentak di 104 kota di Indonesia dan melibatkan 380 komunitas lingkungan. “Gerakan ini dilakukan serentak di 104 kota dengan 380 komunitas, kita berharap aksi ini mendapat dukungan seluruh pihak, sehingga upaya kita mewujudkan Indonesia khususnya Ambon bebas dari sampah dapat terwujud,” ujarnya.

Aksi bersih juga akan dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui program Jumat Pagi Bersihkan Lingkungan (Jumpa Berlian) yang melibatkan seluruh unsur masyarakat pada 26 Februari 2016.

Aksi bersih dilakukan bersamaan dengan peluncuran program kantong plastik berbayar serta deklarasi penyiapan tempat sampah di kendaraan umum maupun pribadi. (ant)

One thought on “Komunitas Green Moluccas Siapkan Aksi Bersihkan Ambon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s