15 Februari 2017, Pilkada Serentak di Ambon, SBB, MTB, Malteng dan Buru


satumaluku.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Buru, Maluku Tenggara Barat (MTB) dan Maluku Tengah (Malteng) akan dilaksanakan pada Rabu 15 Februari 2017 mendatang.

Pilkada ke-5 kabupaten/kota di Provinsi Maluku itu dipastikan setelah Senin (15/2/2016), KPU memutuskan waktu pelaksanaan pilkada di 101 daerah tingkat provinsi, kabupaten dan kota pada 15 Februari 2017.

Ketua KPU RI Husni Kamil Manik dalam peresmian peluncuran Pilkada Serentak 2017 di Jakarta, Senin, menjelaskan, 101 daerah yang akan menyelenggarakan pilkada serentak gelombang ke dua terdiri dari tujuh provinsi, 76 kabupaten dan 18 kota.

Tujuh provinsi tersebut masing-masing Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. Provinsi Aceh merupakan daerah yang paling banyak menggelar pilkada pada 2017, yakni satu pemilihan gubernur dan 20 pemilihan bupati dan wali kota. Sedangkan untuk Provinsi Maluku dilaksanakan pada empat kabupaten dan satu kota.

Sebelumnya di Provinsi Maluku, sudah dilaksanakan Pilkada serentak putaran pertama pada 9 Desember 2015 lalu di Kabupaten Buru Selatan, Maluku Barat Daya, Kepulauan Aru dan Seram Bagian Timur.

Hasil pemilihan tersebut menempatkan pasangan Tagop Soulisa – Buce Saleky terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan, pasangan Abdul Mukti Keliobas-Fachri Husni Alkatiri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur, pasangan Johan Gonga-Muin Sogalrey sebagai Bupati dan Wakil Bupati Aru, serta pasangan Barnabas Nataniel Orno-Benjamin Noach sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s