UN Berbasis Komputer; Ambon 9 Sekolah, Tual 3, Malteng 1, Buru 2, SBB 3


satumaluku.com- Sebanyak 18 sekolah di Provinsi Maluku sudah siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia pada 4 April mendatang. Ke-18 sekolah tersebut tersebar di lima kabupaten/kota, yakni di Kota Ambon, Kota Tual, Kabupaten Malteng, Kabupaten Buru dan Kabupaten SBB.

Kepala Seksi Sekolah Menengah Atas (SMA) pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Junus Kesaulia, merinci sekolah di Kota Ambon yang sudah siap mengikuti UNBK yakni, SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, SMKN 7, SMAN 1 dan SMA Siwalima. Sedangkan untuk tingkat SMP, adalah SMPN 3, SMPN 6 serta SMP Lentera.

Untuk Kota Tual, terdiri dari SMAN 1 Tual, SMKN 1 Tual serta SMPN 3 Tual. Kabupaten Maluku Tengah hanya satu yakni, SMAN 1 Banda. Sedangkan Kabupaten Seram Bagian Barat masing-masing, SMAN 1 SBB, SMKN 4 SBB serta SMPN 3 Kairatu. Terakhir, untuk Kabupaten Buru hanya dua sekolah yang terdiri dari SMKN 1 Namlea dan SMPN 5 Namlea.

“Berdasarkan laporan kesiapan sekolah-sekolah ini, seluruh siswanya telah siap. Memang ada beberapa sekolah yang belum lengkap, tetapi akan diusahkan pada akhirnya nanti seluruhnya lengkap,” ujar Junus Kesaulia dilansir siwalima.

Sementara itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon menetapkan Daftar Peserta Tetap (DPT) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP, SMA/SMK dan sederajat sebanyak 12.836 siswa. 

DPT UNBK tingkat SMA dan sederajat sebanyak 6.593 siswa yang terdiri dari 4.893 siswa SMA dan MA dan SMK sebanyak 1.700 orang, sedangkan tingkat SMP sebanyak 6.243 siswa.

Adapun standar kelulusan siswa masih sama seperti pada 2015 yakni 5,05 untuk tiap mata pelajaran.  (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s