Kampung Ambon Juga akan Digusur Ahok?


satumaluku.com– Di tengah upaya penertiban dan penggusuran kawasan Kalijodo, Jakarta Utara, tiba-tiba nama Kampung Ambon disebut bakal ikut digusur. 

Kabar Kampung Ambon masuk daerah yang jadi target penggusuran diungkap Kepala Satpol PP DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso. Dia mengatakan setelah penertiban kawasan prostitusi Kalijodo, pihaknya telah membidik beberapa tempat lain untuk digusur. Tempat yang menjadi prioritas yakni permukiman ilegal di pinggir sungai.

“Oh banyak, pokoknya permukiman yang di pinggir kali itu akan jadi skala prioritas. Skala prioritas begini maksudnya, kalau di daerah pinggir kali itu harus didulukan penertiban. Banyak, Kali Sekretaris, Kampung Ambon, dan Berlan,” kata Kukuh saat dihubungi, Kamis (18/2/2016), dilansir okezone.com.

Namun, dia mengaku belum mengambil tindakan apa-apa terkait penertiban di sejumlah daerah tersebut. Saat ini Satpol PP DKI tengah fokus membereskan Kalijodo, sesuai instruksi Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Kampung Ambon sendiri, sejatinya bernama Kompleks Permata, Kelurahan Kedaung Kaliangke, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Nama Kampung Ambon lebih disebabkan oleh sebutan warga Jakarta lantaran para penghuni perumahan tersebut adalah orang-orang keturunan Maluku.

Baca: Kampung Ambon; Kisah Kelam Masa Lalu yang Masih Membekas

Warga Maluku yang tinggal di Kampung Ambon saat ini merupakan keturunan para mantan tentara Koninklijke Nederlands Indisch Leger (KNIL) atau Batalion X bentukan Belanda saat Perang Djawa (1825-1830). Saat masa penjajahan Jepang, 1942 -1945, para mantan tentara KNIL beserta keluarganya dipindahkan ke sejumlah sekolah bangunan Belanda yang ditutup oleh Jepang.

Awalnya, keluarga-keluarga asal Maluku ini tinggal di Jalan Kwini, Senin, Jakarta. Tetapi pada tiga dekade lalu, tepatnya pada Maret 1973, Gubernur Ali Sadikin memindahkan keluarga pasukan eks KNIL Maluku ke Kedaung Kaliangke (Kampung Ambon).

Saat itu Pemprov DKI memindahkan 196 kepala keluarga atau sekitar 1.000 jiwa. Pemindahan itu terjadi mulai 25 Maret 1973. (avp)

10 thoughts on “Kampung Ambon Juga akan Digusur Ahok?

  1. itu pak Kukuh…. anda sadar tidak ya… jangan sembarangan bilang kampung ambon itu permukiman ilegal… coba baca sejarahnya dulu yaaa….

    Like

    1. Helow.. klo ngmong mbo baca dlu sejarah kampung ambon.. krn kmpung ambon adl contoh komplek perumahan pertama di jkt.. And bkn ilegal n ga berada dipinggir kali n ga kumuh.. tlong y klo upload tuh yg jelas dl n baca riwayatnya bner2 jgn asal aja..

      Like

  2. Emangnya komplek ambon berada dipinggir kali??? Komplek saya komplek perumahan yang tidak berada di pinggir bantaran kali/sungai. Bukan kawasan kumuh perkampungan juga. Rumah” dikomplek kami pun bukan rumah” gubuk yg berdempetan. Kalau kami digusur karna masalah narkoba. Dikomplek kami sudah bersih dari narkoba. Hanya perlu perbanyak penyuluhan dan kegiatan” yg positif saja biar komplek kami bisa lebih positif lagi dan tidak terjerumus ke dlm lubang narkoba lg.

    Like

  3. Saya lahir disana 26desember 1984 dan dsna tdk kumuh…rumah saya cukup besar dsna dan sertifikat lengkap…jgn post sembarangan booossss

    Like

  4. Kita warga kompleks ambon sdh diam aman dan tentram slama ini tp kalo dibangunin aplg smp digusur brarti bangunin singa- singa baik yg sedang tidur…FOX

    Like

  5. Ahok klo uda busur kampung ambon berarti ahok uda paling jago di dunia

    Dan ini saran sya klo ahok dan dan anak2 buanya masuk k kampung ambon uda basmi ajh ksi mati biar diam dia emang dia mikir klijodo kli mau di gusur gitu2 ajh jdi klo dia msuk kmpung ambon potong kssi putus dia pung kapala jngn smbrangan ajh dia

    Macan klo ada tidor jang ksi bangun
    Ahok masuk kampung ambon anggap ajh serakan nyawa dia buat mati

    Like

  6. Nga pp klo mau gusur tp 1 keluarga minta gangi rugi per keluarga 1 triliun Rp, Trus pikir dong Ada Dua Gereja Protestant n Pantekosta ? seenak jidat klo ngomong!!!

    Like

  7. To : Bapak-bapak yang ada di pemerintahan Indonesia.
    Bisa tidak … ? Jangan asal ucap kata. ( Main Gusur-gusur ) dilihat dulu,disimak dulu,dipelajari dulu sebelum Bapak-bapak … Ucapkan kata Gusur untuk komplek Permata ( kampung ambon ) komplek permata,bukan (bukan maksud untuk sombong diri)permikiman kumuh yang berjejer dengan tripleks dan kardus dan berdempet-dempet …
    Komplek Permata adalah : perumahan yang bersertifikat asli dari pemerintah.Memang saya dan warga komplek permata akui kalau sewaktu lalu tercoreng,terjerumus ke lubang hitam ( dunia narkoba ).tapi sebelum itu Bapak-bapak harus lihat latar belakang komplek permata itu perumahan apa … ? Di dunia ini dimana saja … Tidak mungkin ada manusia,orang yang tidak tergiur dengan uang yang banyak.begitu juga komplek permata yang sewaktu lalu tergiur oleh keadaan yang sangat ngiris … Demi menjalani hidup ini yang semakin mahal … Apa-apa serba mahal.
    Tapi waktu,masa itu telah berlalu komplek permata telah sadar,berubah dari kehidupan hitam kembali ke kehidupan yang baik bahkan … Yang lebih baik lagi.
    Ada pepatah mengatakan : …
    Jangan lah sekali-kali mengganggu,mengusik macam,singa,harimau yang sedang tidur … Kalau tidak mau terima,tanggung akibatnya …
    Ini bukan suatu ancaman,ultimatum … Melainkan ini adalah himbauan kepada … Bapak-bapak yang merasa berkuasa pada saat ini …
    Tolong dikoreksi lagi akan pemikiran seperti ini …
    Bahwa Komplek Permata / Kampung Ambon akan digusur juga …

    Terima kasih,

    Bapak-bapak
    Yang terhormat.

    Like

  8. To : Bapak-bapak yang berada di pemerintahan …
    Tolong disimak …
    Kalau berucap kata,dilihat dulu apa akibatnya setelah … Ucapan itu keluar …
    Bapak … Maksud dan tujuan program … Gusur menggusur oleh bapak dan Bos-bos yang banyak duitnya/berduit
    Saya boleh tanya … Kenapa bapak saat ini … Ucapkan kata bahwa komplek permata / komplek ambon akan digusur …
    Maff saya bukan maksud mengajari bapak-bapak / bos-bos yang banyak duitnya … Karena saya yakin bapak/bos yang berduit .lebih pintar dan berintelektual yang tinggi dari saya … Bapak/bos yang berduit kenapa … Kompleks permata akan digusur … ?
    Saat ini … Kita semua rakyat indonesia tahu,lihat dengan mata kepala masing-masing … Pembebasan tanah yang akan dibangun Mall,Hotel,Aparteman,Ruko,rumah-Rumah mewah/Real Estate … Tidak dilarang/dihentikan dulu … Karena dengan ada pembangunan itu … Yang berdalih jalur hijau kah,jalur merah kah … Bapak/Bos-bos berduit menggusur warga yang telah hidup di atas tanah itu ber puluh-puluh tahun,ber anak,cucu,cicit,cucut dan cocot … Dengan mudah digusur … Padahal penggusuran akan dilaksanakan untuk pembangunan Hotel,Mall,Aparteman,Ruko, dan sebagainya …
    Itu kan taktik muslihat oleh Bapak,Bos-Bos berduit … Dengan bertameng Program pemerintah.
    Bapak/Bos-Bos berduit … Yang berat sebelah tangan,jangan melihat sebelah mata saja … Jangan asal ucap kata GUSUR-GUSUR begitu aja …

    Utamakan dulu rakyat kecil …

    Sekarang ini sering terjadi penggusuran … Dan warga yang digusur itu akan diberi pilihan : mau tinggal di RUSUN,dapat modal usaha,di pulangkan ke kampung masing-masing atau di kasih pekerjaan di pabrik-pabrik yang siap menampung warga yang di gusur …
    Kalau dari pemberian RUSUN …
    Coba dikoreksi kembali …
    Dengan kabar yang banyak beredar dan telah banyak didengar orang banyak …
    Kalau RUSUN itu bagi yang menempati akan bayar RUSUN tersebut … Selain LISTRIK,AIR dan TELEPON (kalau ada) yang kewajiban sih penempat RUSUN tersebut.
    Maksud dengan bayar RUSUN tersebut itu … Apa ?
    Kalau pikiran praktis,mudah dan menguntungkan bagi pemilik rumah yang tergusur …
    Dibayarkan saja( dibeli saja ) rumah warga yang digusur,dari pada di gusur dan akan dipindahkan ke RUSUN.Dan kerugian akan dirasakan oleh siiihhh pemilik rumah ayng seharusnya dijual tapi kena gusuran oleh pemerintah.

    Untuk …
    Bapak,Bos-Bos yang berduit
    Tolong jangan merugiakan pemilik rumah.apa dipikir/dilihat bagaimana sih pemilik rumah tersebut bisa memiliki rumah itu dengan apa… (Keringat sampai ke bo ol – bo ol) ibarat kata orang pekerja.

    Lalu main digusur begitu saja … Habis,hilang,musnah semua harapa,impian dari sih pemilik rumah yang tergusur …
    Karena dari rumah yang mereka tempati itulah mereka menjalani hidup baik susah,senang … Mereka bersama.

    Rumah yang sah telah tergusur … Dan dikasih RUSUN.
    Dan itu pula tak gratis … Sih penempat RUSUN harus bayar RUSUN tersebut …

    Kalau dipikir,dilihat,dijalani dan dijalankan …

    Yang tergusur ( pemilik rumah ) rugi besar,rugi berlipat-lipat ganda …

    Tolong disimak,

    Bapak-Bapak pemerintah saat ini mau pun yang akan akan datangnya

    BOS-BOS berduit …

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s