Pengembangan Pelabuhan Ambon Baru akan Digarap Tahun 2017


satumaluku.com- Pengembangan Pelabuhan Ambon, belum akan digarap oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) pada tahun 2016 ini. Sebab hanya ada lima pelabuhan dari sembilan pelabuhan yang menjadi prioritas pengembangan oleh PT Pelindo IV pada tahun ini.

Kelima pelabuhan dimaksud adalah pembangunan pelabuhan baru Kendari New Port, pengembangan Pelabuhan Tarakan, Pelabuhan Ternate, Pelabuhan Jayapura, dan Pelabuhan Sorong. Sedangkan Pelabuhan Ambon masuk dalam daftar empat pelabuhan yang akan dikembangkan pada Tahun 2017 bersama Pelabuhan Bitung, Merauke dan Manokwari.

Khusus untuk Ambon, PT Pelindo IV akan memperluas Terminal Peti Kemas Pelabuhan Yos Soedarso Ambon ke arah timur sehingga dapat menampung lebih banyak kontainer. Luas areal Pelabuhan Ambon yang ada sekarang ini hanya bisa menampung 74.000 peti kemas, sedangkan pertumbuhan ekonomi di daerah ini terus meningkat sehingga kawasan pelabuhan harus diperluas lagi.

Kepala Biro Perencanaan dan Strategi Perusahaan PT Pelindo IV, Kusmahadi Setya Jaya mengatakan sebenarnya total anggaran PMN yang dikucurkan sebesar Rp2 triliun dan akan digunakan untuk mengembangkan sembilan pelabuhan di KTI. “Tetapi, tahun ini kami fokus dulu untuk pengembangan lima pelabuhan dengan total penyerapan anggaran sebesar Rp1,3 triliun. Sisanya akan kami gunakan untuk pengembangan pelabuhan berikutnya di tahun depan,” jelasnya dilansir website resmi PT Pelindo IV (persero).

Pelindo IV menargetkan, anggaran PMN sebesar Rp2 triliun itu akan habis terserap dalam waktu dua tahun, yaitu pada 2016 dan 2017 mendatang.

Menurutnya, total anggaran PMN yang akan diserap tahun ini akan dibagi-bagi, yaitu Rp635 miliar untuk pembangunan Kendari New Port dan Rp130 miliar akan digunakan untuk pengembangan lapangan penumpukkan peti kemas dengan menimbun lahan seluas 6 hektare di Pelabuhan Tarakan. “Untuk proyek di Pelabuhan Tarakan ini, kami estimasi selesai dalam waktu 1 tahun,” ucap Kusmahadi.

Sementara itu untuk Pelabuhan Ternate, Pelindo IV akan me-replacement dermaga, atau membangun dermaga yang tidak kuat menjadi dermaga kuat dengan penyerapan anggaran sebesar Rp100 miliar.

Sedangkan untuk Pelabuhan Jayapura, pihaknya akan membangun dua dermaga, yaitu dermaga untuk penumpang dan me-replacement dermaga yang sudah ada saat ini. Kemudian, Pelindo IV juga akan mengembangkan Pelabuhan Sorong.

Di tahun depan, dengan sisa anggaran PMN sebesar Rp700 miliar, Pelindo IV kembali akan mengembangkan empat pelabuhan, yaitu Pelabuhan Bitung, Ambon, Merauke dan Manokwari.  (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s