10 Kali Ajang Miss Indonesia, Prestasi Terbaik Maluku Runner Up 1


satumaluku.com- Kontestan asal Maluku pernah menoreh sejarah terpilih sebagai Puteri Indonesia 1995 lewat penampilan Susanty Manuhutu. Sementara di ajang Miss Indonesia, dari 10 kali penampilan para wanita Maluku, prestasi terbaik diraih Kartika Indah Pelapory sebagai Runner Up I Miss Indonesia pada tahun 2008.

Pemilihan Miss Indonesia, mulai digelar tahun 2005. Saat itu, Maluku belum berpartisipasi. Baru pada pelaksanaan pemilihan Miss Indonesia 2006, wanita Maluku mulai unjuk gigi.

Saat itu, Albertina Fransisca “Chika” Mailoa menjadi kontestan Maluku. Dia baru berusia 22 tahun. Keikutsertaan Chika Mailoa cukup membanggakan Maluku, karena partisipasi perdana wanita Maluku sudah mencatatkan namanya di 10 besar Miss Indonesia.

Kendati belum menjadi terbaik di ajang Miss Indonesia, namun pengalaman di ajang itu, memotivasi Chika yang akhirnya mengharumkan nama Maluku di ajang pemilihan Puteri Pariwisata Indonesia 2008. Di ajang ini, Chika menjadi Juara.

Ajang Miss Indonesia 2007, Maluku diwakili Dian Ayu Lestari. Kali ini gelar Miss Persahabatan diraih kontestan Maluku. Dian Ayu Lestari sendiri, kemudian berkarir sebagai presenter di TV Trans7.

Tahun 2008, Kartika Indah Pelapory mewakili Maluku di ajang pemilihan Miss Indonesia. Saat itu usia Indah Pelapory baru 21 tahun. Dia adalah salah satu artis yang pernah membintangi sinetron Rumah Pondok Indah, Lentera Merah dan Cewe Matrepolis.

Kecantikan dan kepercayaan diri Indah Pelapory mengantarkan dirinya maju hingga tiga besar Miss Indonesia 2008. Sayangnya, dewan juri menjatuhkan pilihan Miss Indonesia 2008 kepada Sandra Angelia, kontestan Jawa Timur. Indah kemudian ditetapkan sebagai Runner Up I Miss Indonesia 2008.

Lulusan California State University Los Angeles Amerika Serikat itu juga meraih gelar Miss Healty Hair di ajang Miss Indonesia 2008. Hingga saat ini, prestasi Indah Pelapory belum bisa disamai atau dilewati semua kontestan Maluku yang bertarung di ajang Miss Indonesia.

Pada penyelenggaraan Miss Indonesia 2009, Maluku menghadirkan Virginia Angelina Soumokil. Namun, belum berhasil mengulang prestasi para senior. Baru pada penyelenggaraan Miss Indonesia 2010, kontestan Maluku Nathasya Octaviane Morgan berhasil meraih gelar Miss Inovation dan masuk 10 besar finalis.

Tahun 2011 dan 2012, dua kontestan Maluku yakni Inggrid Beatrix S (21) dan Inggrid Elizabeth (17), mengusung nama Negeri Maluku di ajang Miss Indonesia. Namun, belum berhasil. Baru pada 2013, Marsha Emilia Pical mencatatkan nama Maluku di 10 besar finalis dan meraih gelar Miss Very Fresh.

Pada ajang Miss Indonesia 2014, Dewi Puspitasari mewakili Maluku. Dia berhasil masuk dalam 15 besar finalis. Dan tahun 2015, Everdina Catherien Tesalonika Pattipeilohy yang mencoba mengangkat nama Maluku di ajang Miss Indonesia belum berhasil mencatatkan prestasi terbaik.

Tahun 2016, adalah tahun ke-11 pelaksanaan Miss Indonesia. Maluku kali ini diwakili Leinda Melissa Wattimena. Nona Ambon ini, adalah lulusan SMA Negeri 2 Ambon dan masih berusia 17 tahun.

Apakah Leinda mampu mengangkat nama Maluku di ajang Miss Indonesia 2016? Tentunya, dia akan berusaha semaksimal mungkin. Namun, dukungan dari seluruh masyarakat Maluku di mana pun berada sangat dia butuhkan.

Ayo VOTE anak Negeri Maluku Leinda Melissa Wattimena.

(petra josua)

One thought on “10 Kali Ajang Miss Indonesia, Prestasi Terbaik Maluku Runner Up 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s