Penertiban Kawasan Kampung Ambon Diwarnai Kericuhan


satumaluku.com- Sejumlah rumah di kawasan Kampung Ambon, Selasa (23/2/2016) pagi, mulai ditertibkan. Penertiban pemukiman padat penduduk yang berlokasi di bantaran Kali Apuran, Kelurahan Kedaung Kali Angke dan Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat itu diwarnai kericuhan.

Suasana menegangkan saat ratusan warga menghadang petugas. Aparat gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, serta Satpol PP tetap melakukan pembongkaran walau pun mendapat perlawanan dari masyarakat setempat.

Data yang dihimpun sebanyak 75 rumah di bantaran Kali diratakan dengan tanah. Dari 75 bangunan tersebut terdiri dari 78 KK (Kepala Keluarga) dan 320 jiwa. “Kami ini sudah lama tinggal di sini, main seenaknya saja main dibongkar,” teriak Urip (45) satu dari warga saat mencoba menghalau petugas.

Urip mengaku sudah menempati bangunan yang berdiri di sisi Kali semenjak 25 tahun silam. Rumahnya itu berbentuk bedeng semi permanen berbahan kayu serta triplek.

“Padahal sudah bayar pajak, tapi tetap saja ditindas. Sudah 25 tahun kami tinggal di sini,” ucapnya.

Rian (32) yang juga merupakan warga sekitar berang dengan aksi penertiban itu. Ia enggan rumahnya ini dibongkar dan direlokasi ke Rumah Susun. “Kami enggak mau dipindahin ke Rusun Marunda. Kejauhan, repot ngurus pindahan. Banyak anak yang masih sekolah, hidup kami pas – pasan enggak ada biaya,” katanya.

Wali Kota Jakarta Barat, Anas Efendi yang memimpin langsung pembongkaran ini mengungkapkan penertiban bangunan yang berada di sisi Kali dalam rangka lanjutan program normalisasi sungai serta dijadikan jalan inspeksi.

Nantinya sheet pile atau turap segera dipasang di sepanjang sungai guna menanggulangi banjir. “Tidak ada ganti rugi kepada pemilik warga liar ini,” ujar Anas.

Menurutnya, bangunan – bangunan tersebut berdiri secara liar di atas tanah negara. Ini juga merupakan lanjutan penertiban pada tahun 2015 lalu. “Sebelumnya juga ada warga yang direlokasi ke Rusun Pesakih (Daan Mogot),” ucapnya. (*)

sumber: wartakota.tribunnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s