Sebelum Rektor Definitif, Universitas Pattimura Ambon Dipimpin Presidium


satumaluku.com- Hari lahir Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon adalah 3 Oktober 1959. Penetapan hari lahir Unpatti Ambon, didasarkan atas berdirinya Fakultas Hukum, sebagai fakultas pertama yang dilahirkan Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat, sebuah yayasan yang menjadi cikal bakal berdirinya Unpatti. Saat itu, yayasan tersebut dipimpin salah satu tokoh Maluku Cornelis Loppies.

Setelah Fakultas Hukum, kemudian menyusul pendirian Fakultas Sosial dan Politik pada tanggal 6 Oktober 1959, dan tanggal 10 September 1961 dibuka Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan.

Pada tanggal 1 Agustus 1962 Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat diresmikan menjadi Universitas Negeri dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 99 tahun 1962 tanggal 8 Agustus 1962 yang meliputi lima Fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sosial Politik, Fakultas Pertanian Kehutanan
dan Fakultas Peternakan.

Namun, pengesahan pendirian Universitas Pattimura baru disahkan Presiden Soekarno lewat Surat Keputusan Presiden Nomor 66 Tahun 1963, tanggal 23 April 1963. Saat itu, Unpatti masih dipimpin oleh presidium yang terdiri dari Soemitro Hamidjoyo, S.H. (Ketua), Kolonel Boesiri (Anggota), Drs. Soehardjo (Anggota), dan Dr. M. Haulussy (Anggota).

Selanjutnya pada tanggal 15 September 1965 dibuka Fakultas Ekonomi dan pada tanggal 16 April 1970 dibuka Fakultas Teknik yang memanfaatkan bangunan-bangunan eks proyek Fakultas Teknologi Ambon (FTA). Pada bulan Agustus 1964 Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan beralih status menjadi IKIP Jakarta Cabang Ambon dengan Rektornya Drs. F.F.H. Matruty.

Pada tanggal 16 September 1969 IKIP Jakarta Cabang Ambon diintegrasikan kembali ke dalam Universitas Pattimura menjadi dua fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada tahun 1974 Fakultas Petemakan dilengkapi dengan jurusan Perikanan dan sekaligus mengalami perubahan nama menjadi Fakultas Peternakan/Perikanan.

Lalu kapan Unpatti dipimpin seorang Rektor definitif? Dari paparan sejarah singkat Unpatti, diketahui Rektor pertama Unpatti adalah Ir. L. Nanlohy (Dekan Fakultas Teknik). Beliau diangkat sebagai Rektor berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 40/M Tahun 1971.

Setelah lima tahun menjabat, Ir L. Nanlohy digantikan oleh salah satu dosen Fakultas Hukum M.R Lestaluhu,SH pada 1976. Selanjutnya Lestaluhu kembali menjabat sebagai Rektor untuk masa jabatan kedua pada tahun 1981 hingga 1985.

Seusai dua periode kepemimpinan Lestaluhu, Rektor Unpatti kemudian dijabat DR. Ir. J. Ch. Lawalatta, M.Sc dari Fakultas Pertanian. Tahun 1989, giliran Prof. DR. Ir. J. L. Nanere, M.Sc yang berasal dari background Fakultas Pertanian, memimpin Unpatti sebagai Rektor definitif.

Usai kepemimpinan Nanere, Tahun 1994 DR. M. Huliselan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjabat sebagai Rektor Unpatti. Dia menjalani dua periodesasi kepemimpinan sebelum digantikan Prof. DR. H.B. Tetelepta, MPd juga dari FKIP selama dua periodesasi kepemimpinan mulai 2004-2012.

Selanjutnya, kepemimpinan Unpatti beralih ke Prof. Dr. Thomas Pentury,M.Si, juga dari FKIP, yang memimpin hingga 2016. Saat ini, mulai 14 Februari 2016, universitas tertua di Maluku ini dipimpin Prof M.J Sapteno dari Fakultas Hukum hingga tahun 2020 mendatang. (petra josua)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s