Hasil Tes Urine Positif Narkoba, Mayor di Kodam Pattimura Ditahan


satumaluku.com- Satu perwira Kodam XVI/Pattimura, Mayor EH, ditahan Polisi Militer di Ambon akibat dugaan kasus narkoba. Mayor EH, merupakan salah satu perwira TNI yang ikut dijaring dalam penggerebekan narkoba di Perumahan Kostrad, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu.

Perwira melati satu berinisial EH tersebut sebelumnya bertugas di Pusdik Intel, Cilendek, Bogor sebelum dipindahkan ke Kodam Pattimura.

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh M Hasyim Lalhakim menjelaskan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo tak tinggal diam begitu mendapat informasi mengenai keterlibatan anak buahnya itu. Ia segera memanggil Mayor EH dan memeriksanya.

“Kita dapat informasi itu hari Senin (22/5/2016), Panglima (Mayjen Doni-red) langsung memanggil yang bersangkutan. Pertama diajak ngobrol lalu ditanya, yang bersangkutan mengakuinya,” ungkapnya, dilansir detikcom, Sabtu (27/2/2016).

Mayjen Doni lantas memerintahkan Mayor EH untuk melakukan tes urine. Sesuai dengan informasi dari satuan Kostrad, perwira tersebut positif menggunakan narkoba.

Begitu mendapat hasil tes urine Mayor EH, Mayjen Doni langsung meminta jajarannya untuk berkoordinasi dengan Pomdam Pattimura di Ambon, Maluku. Kini Mayor EH sedang menjalani proses hukum.

“Mayor EH sudah ditahanan Pomdam sejak hari pertama diketahui sebagai pengguna,” lanjutnya.

Pangdam Pattimura sudah berkoordinasi dengan jajarannya untuk melakukan pemeriksaan internal. Secara bertahap, kata Hasyim, tes urine akan dilakukan di jajaran Kodam Pattimura yang personelnya tersebar di seluruh Maluku dan Maluku Utara.

Terlibatnya perwira yang bertugas di Maluku dalam kasus penggunaan narkoba, tidak hanya terjadi di lingkungan TNI. Pada Mei 2015 lalu, Direktorat Reserse dan Narkoba Polda Maluku mengamankan salah satu perwira menengah berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) yang menjabat Wakapolres Aru terkait kasus narkoba. Saat penangkapan tim Polda Maluku juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 4 ons sabu.

Perwira menengah polisi itu ditangkap oleh tim yang diketuai Kasubdit II Dires Narkoba Polda Maluku, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Jhon Oniklaita, pada Sabtu 23 Mei 2015 lalu. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s