Operasi Katarak di Passo dan Bagi Kacamata Gratis di Hutumuri


satumaluku.com- Klinik Mata Ambon Vlissingen (AV) kembali mengelar bakti sosial dengan melakukan operasi katarak secara gratis kepada warga Kota Ambon dan juga pembagian kacamata baca serta pemeriksaan pasien mata mulai hari ini, 29 Februari sampai dengan 9 Maret 2016 mendatang.

Ada dua lokasi yang dijadikan bakti sosial yakni pembagian kacamata dan pemeriksaan mata di Desa Hutumuri Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) Kota Ambon, sedangkan operasi mata gratis dilakukan di Klinik Mata AV yang terletak di Desa Passo kawasan Transit.

Dilansir Siwalima, Kepala Klinik Mata AV, Daniel Siegers menjelaskan untuk lokasi bakti sosial di Hutumuri, jumlah kacamata baca diberikan bagi 5000 pasien sekaligus pemeriksaan terhadap pasien yang terkena penyakit mata. Sedakan di Klinik AV operasi bagi pasien mata secara gratis sudah mulai dilakukan.

Dijelaskan, untuk operasi katarak sudah ada 27 pasien yang menjalani operasi dan kini menjalani perawatan sedangkan ada puluhan pasien yang sedang mengantri.

“Target kita adalah warga Kota Ambon sebanyak mungkin karena operasi dan pemeriksaan penyakit mata dilakukan bersama dengan tim dokter dari Belanda,” katanya, Sabtu (27/2/2016) .

Selain itu dijelaskan, untuk pemeriksaan dan pembagian kacamata juga menargetkan pasien yang umurnya 35 tahun keatas yang sudah tidak dapat membaca lagi tanpa kacamata.

“Jumlah penderita penyakit mata di Kota Ambon lumayan banyak sehingga masyarakat sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan,” ungkap Siegers.

Bakti sosial gratis ini sendiri juga tidak membutuhkan pendaftaran karena siapa saja warga yang ingin membutuhkan bisa langsung ke lokasi.

“Warga Kota Ambon yang ingin mendapatkan kacamata baca secara gratis bisa ke Hutumuri, sedangkan untuk operasi bisa ke Passo,” ujar Siegers.

Ia berharap, semakin banyak warga kota yang datang mendapatkan perawatan maka semakin bagus. “Waktu yang diberikan sangat singkat sehingga warga bisa berpartisipasi karena tim dari Belanda yang diketuai oleh dr. Wilda akan kembali ke negaranya usai kegiatan,” cetusnya.(S-39)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s