Atlit Maluku Mulai Jalani Pelatda PON 2016


satumaluku.com- Atlit-atlit Maluku yang akan bertanding di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat, mulai menjalani Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda).

Pencanangan dimulainya Pelatda PON 2016, dilakukan Gubernur Maluku, Said Assagaff, di Ambon, Rabu (2/3/2016). “Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para atlet yang akan mengikuti Pelatda ini. Saya percaya, saudara-saudara merupakan putra-putri terbaik Maluku, yang telah terpilih melalui seleksi ketat berdasarkan prestasi diraih selama ini,” ujarnya.

Jumlah atlit Maluku yang akan berlaga di PON XIX Jawa Barat 2016 adalah 54 orang. Mereka akan bertarung di 17 cabang olahraga (cabor) dari 44 cabor yang dipertandingkan di PON Jabar.

Adapun rincian cabor dan jumlah atlit Maluku yang akan bertarung di PON Jabar adalah atletik 12 atlet, anggar lima atlet, biliar dua atlet, dayung 11 atlet, karate empat atlet, kempo tiga atlet, layar dua atlet, dan sepeda dua atlet.

Kemudian ski air enam atlet, selam satu atlet, taekwondo dua atlet, tinju 12 atlet, voli pasir dua atlet, tenis meja enam atlet, balap motor empat atlet, pencak silat dua atlet, dan tarung drajat satu atlet.

Pelatda yang dilaksanakan ini, sangat penting untuk mengintegrasikan program latihan lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan kualitas fisik, teknik, taktik, strategi dan mental para atlet yang akan berlaga di PON XIX Jawa Barat nanti.

Baca juga: Maluku Ikuti 17 Cabor PON 2016, Prestasi Terbaik Tinju di PON XI 1985

Gubernur mengatakan PON adalah pesta multi event yang dilaksanakan setiap empat tahun, dan sejatinya mengandung nilai-nilai historis pembangunan keolahragaan.

Karenanya, tidak hanya sebagai ajang peningkatan prestasi olahraga Indonesia, tetapi lebih dari itu, terkandung nilai-nilai nasionalisme yang tinggi karena menjadi alat pemersatu bangsa.

Bagi para atlet yang lolos seleksi Pra PON perlu diberikan apresiasi, karena mereka yang unggul dan berkualitas, baik secara fisik, teknik, taktik maupun mental dan strategi.

Sebelumnya, Ketua Umum KONI Provinsi Maluku Karel Albert Ralahalu mengatakan sembilan cabang olahraga akan dipersiapkan secara khusus melalui Pelatda Maluku Prestasi (PMP). Persiapan tersebut mereka lakukan untuk menghadapi PON XIX pada 9-21 September 2016, di Jawa Barat.

“Sembilan cabor tersebut yakni atletik, tinju, dayung, selam, kempo, karate, anggar, voli pasir, dan futsal. Sembilan cabor pelatda tersebut bersama cabor non pelatda lainnya, telah mengikuti event pra PON sepanjang tahun 2015,” ujar Karel, Minggu (10/1/2016). (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s