Program Maluku Jujur Maluku Makmur Dideklarasikan


satumaluku.com- Kejaksaan Tinggi Maluku sudah mendeklarasikan program “Maluku Jujur” sebagai upaya memberantas korupsi. Tagline yang diusung yakni “Katong Jujur Maluku Makmur”.

Deklarasi Maluku Jujur dilakukan di Aula LPP RRI Ambon, Selasa (2/3/2013) bersama Generasi Muda Maluku Taat Hukum dan Berintegrasi. Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Jan Samual Maringka menabuh tifa tanda pendeklarasian “Maluku Jujur” dihadiri Gubernur Maluku Said Assagaff, Rektor Unpatti MJ Sapteno, Ketua DPRD Maluku Edwin Huwae dan Walikota Ambon Richard Louhenapessy

Dalam sambutannya, Maringka mengatakan, penegakan hukum dikatakan berhasil apabila pelaku kejahatan semakin menurun dan tingkat kesadaran hukum masyarakat semakin meningkat. Sebab penegakan hukum bukan sebuah industri yang ditandai dengan seberapa banyak perkara ditangani, berapa banyak orang yang ditahan atau seberapa besar gaung pemberitaannya namun

Gambaran tersebut menunjukkan bahwa upaya penegakan hukum yang gencar dilakukan oleh kejak­saan dan aparatur penegak hukum lainnya, hanyalah merupakan salah satu unsur dan bukan satu-satunya unsur dalam upaya pemberantasan korupsi.

Menyadari pentingnya aspek pencegahan korupsi, maka melalui fungsi peningkatan kesadaran hukum masyarakat, kejaksaan akan terus secara aktif bersama komponen masyarakat lainnya menggalang kesadaran untuk mengadakan perlawanan terhadap korupsi.

“Dengan tagline kenali hukum, jauhi hukuman, berbagai kegiatan penyuluhan hukum telah dilakukan untuk meningkatkan pemahaman bahwa penegakan hukum sejatinya merupakan kewajiban bersama seluruh warga negara dan bukan hanya merupakan domain penegak hukum,” ungkap Maringka.

Program ini dapat dilakukan secara berkala dan terus menerus melalui sekolah, perguruan tinggi dan organisasi kepemudaan serta keagamaan di seluruh Provinsi Maluku. Tujuannya guna mendukung jalur pembinaan generasi muda di bidang kesadaran hukum yang telah menjadi salah satu prioritas utama pemerintah dalam menunjang suksesnya pembangunan nasional.

Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, ajakan untuk bersikap jujur melalui dunia pen­didikan khususnya di sekolah-sekolah merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan. Sebab pendidikan merupakan salah satu instrument transformasi peradaban yang sangat efektif baik itu pendidikan formal, informal maupun non formal. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s