JMP Galala-Poka, Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur Diujicoba


satumaluku.com- Uji coba pengoperasian Jembatan Merah Putih (JMP) Galala – Poka dilakukan, Kamis (3/3/2016). Sebanyak 44 truk bermuatan penuh pasir disimpan tepat di atas bentangan tengah jembatan itu.

“Uji coba nanti sampai malam. Setelah uji coba kita akan evaluasi kembali,” kata Iwan Zakarsih saat memberikan pemaparan singkat di hadapan Gubernur sebelum uji coba dilakukan.

Sejumlah pejabat ikut menyaksikan uci coba jembatan tersebut mulai dari Gubernur Maluku Said Assagaff, Kepala Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan Wilayah IX Maluku Maluku Utara Amran Mustari, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku Ismail Usemahu, Kasubdit Jembatan danTerowongan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Iwan Zarkasih, Komite Keamanan Jalan dan Jembatan, dan sejumlah pejabat lainnya.

Dia mengungkapkan, setelah uji coba ini jembatan tersebut memang belum langsung bisa beroperasi karena sesuai ketentuan harus dilakukan evaluasi terlebih dahulu.
Evaluasi, kata dia, harus dilakukan untuk memastikan jembatan tersebut sudah layak beroperasi atau masih memerlukan penguatan.  “Kalau tidak dievaluasi nanti kita bisa dijewer oleh komite keamanan jembatan,” kata dia.

Baca Juga:

JMP Galala-Poka, Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur, Ke-7 di Indonesia

Sebelumnya, Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) memastikan konstruksi JMP Galala-Poka yang melintasi Teluk Dalam Ambon aman.

“Tim setelah melakukan peninjauan JMP Galala-Poka pada 24 Januari 2016 merekomendasikan bahwa konstruksi jembatan tersebut pergeseran lima cm telah kembali ke nol sehingga terkoneksi pada 18 Januari 2016,” kata Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Maluku, Ismael Usemahu, beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, tidak ada keraguan dari Pemprov Maluku soal konstruksi JMP Galala-Poka yang menjadi bakal ikon pembangunan daerah ini.

“KKJTJ merupakan lembaga berkompeten Kemenpupera sehingga rekomendasi yang diterbitkan sudah mempertimbangkan dari berbagai aspek,” ujarnya.

Pembangunan JMP Galala-Poka yang menelan biaya ratusan miliar rupiah dan melintasi Teluk Dalam Ambon. Peletakan batu pertama pembangunan jembatan dilakukan pada 19 Agustus 2011.

Panjang keseluruhan JMP Galala-Poka yakni 1,06 kilometer ini akan menghubungkan Poka dan Galala yang dipisahkan oleh Teluk Ambon.

Jembatan ini terdiri atas jembatan pendekat arah Galala sepanjang 300 meter, pendekat arah Poka 320 meter, dan bentang tengah 300 meter, tinggi pylon 89,5 meter, lebar 22,5 meter yang dibagi dua jalur. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s