Suara Hati Eks Gafatar: Beta Ini MALUKU, Kamong Seng Bisa Pisah Katong…


Nyong Maluku

Penulis: Camilo Tristan Pattimura/Iby Maluku
Email: ariyaketura@yahoo.com
Hp : 085652084260
Judul Asli: “Beta ini Maluku, kamong seng bisa pisah katong atas nama Provinsi, Seng ada namanya (Provinsi) Maluku deng Maluku Utara karna katong samua dari Alifuru”

Kekecewaan yang mendalam mengusik sanubari seorang anak pribumi Maluku yang dari turun temurun nenek moyangnya menghuni Negeri Alifuru Maluku. Dada serasa sesak seakan seperti sebuah mata tombak yang menancap di dada.

Judul Tulisan “Beta ini Maluku, kamong seng bisa pisah katong atas nama Provinsi, Seng ada namanya (Provinsi) Maluku deng Maluku Utara karna katong samua dari Alifuru” bukan sesuatu yang tanpa dasar. Tapi sebuah unek-unek maupun sebuah refleksi ungkapan sebagai anak Negeri Alifuru Maluku yang melihat sudut pandang Maluku dari perspektif Universal yang tanpa dibatasi oleh Suku, Etnis, Ras, Agama, Keyakinan, Bahasa maupun batasan kewilayahan Provinsi (Maluku maupun Maluku Utara).

Ungkapan atau pernyataan kekesalan ini muncul bermula dari cerita pemulangan Eks anggota Gafatar di seluruh Indonesia/Nusantara ke Daerah asal masing-masing. Sehingga unek-unek ini terangkum dalam tulisan ini.

Oke beta carita.!! Mungkin Sahabat or Basudara samua dong so tau tentang Ormas itu, atau dong belum tahu.!! Oke saya kasih tahu dan coba cerita tentang kronologis pemulangan para Eks Gafatar dan kaitannya dengan judul tulisan Tulisan “Beta ini Maluku, kamong seng bisa pisah katong atas nama Provinsi, Seng ada namanya (Provinsi) Maluku deng Maluku Utara karna katong samua dari Alifuru.”

Nama GAFATAR buming seketika seantero Nusantara, diawal tahun 2016 menjadi trending topic berita nasional, bermula dari menghilangnya Dokter cantik Rica. Bermula dari beberapa kasus orang hilang inilah GAFATAR jadi marak di bicarakan, bahkan tanpa satu mediapun yang tak mengabarkan berita tentang Ormas ini.

14 thoughts on “Suara Hati Eks Gafatar: Beta Ini MALUKU, Kamong Seng Bisa Pisah Katong…

  1. Beta Manangis Baca ini.. Bet Maluku dan memangseng ada Yg bisa katong Boar se Jauh di utara lai tpi Katong Tetap maluku katong bangsa alifuru Baku gendong biar beda Agama..

    Like

  2. Beta Manangis Baca ini.. Beta Maluku dan memang seng ada Yg bisa pisa katong Biar se Jauh di utara lai tpi Katong Tetap maluku katong bangsa alifuru Baku gendong biar beda Agama..

    Like

  3. Saya setuju knp anak maluku merasa terasing d negeri sendiri,sedangkan pemda maluku menerima transmigrasi dri jawa dgn tangan terbuka…

    Like

  4. Dari sabang sampai merauke qta samua basudara..jangan qta terpisahkan oleh etnis,,suku budaya,,,agama dan ras…yang sabar dan ikhlas menjalani semua ini bung..

    Like

  5. Katong orang maluku pung hidop bgtu sdh bung , klu sdh tarangka sdki donk lupa basudara yg ada di bawah , donk seng pikir klu yg angkat dong tinggi2 tuh basudara yg dibawah ,orang pusat sdh suntik dong pung otak spya ktng pung hubungan sodara ” pela gandong” tuh akang taputus ,contoh plng bsr ” kerusuhan ambon” ,tp ktng pung tete nene moyang seng kasi tinggal liat dong pung anak cucu alifiru laeng deng laeng baku musuh ,skrng ktng di tanah orang (jakarta) sj bisa bersatu laeng syng laeng ,masa kamong di ambon seng bisa laeng lia laeng tuh bgmna ?????? Beta tabaos dari tanah jawa ” BETA MALUKU ” kamong sapa ?????

    Like

  6. Saudaraku Camilo: kami Sangat Terharu ketika membaca tulisanmu .. sebagai anak begri raja raja , sdh waktunya untuk sambung rotan pukul tifa … gane mari pulang .. bangun maluku.

    Sebenarnya bukan mereka pisahkan bung, atau lupa jati diri sebagai anak alifuru tapi … karena masi ada Kredit Mobil yg belum selesai di bayar … Jadi Jabatn, dan Rp. Tutup dong pung otak …. samape janji moyang moyang dong sulupa

    Ale Maluku beta Maluku … Katong Satu Darah ..Anak cucu Bangsa Alifuru …Satu Ibu Kandung .. Tanah Pusaka … Woe jang Coba coba pisahkan katong ..gigi ganti gigi darah ganti darah ….

    Like

  7. Saudaraku Camilo: beta Sangat Terharu ketika membaca kapata tulisan bung .. sebagai anak Negri raja raja , sdh waktunya untuk sambung rotan pukul tifa … game mari pulang .. bangun Maluku.

    Sebenarnya bukan mereka pisahkan bung, atau lupa jati diri sebagai anak Alifuru tapi … karena masi ada Kredit Mobil yg belum selesai di bayar … Jadi Jabatan, dan Rp. Tutup dong pung otak …. sampe janji moyang moyang dong sulupa

    Ale Maluku beta Maluku … Katong Satu Darah ..Anak cucu Bangsa Alifuru …Satu Ibu Kandung .. Tanah Pusaka … Woe jang Coba pisahkan katong ..gigi ganti gigi darah ganti darah …. ingat Bahwa Yang Punya budaya ” Pela dan Gandong” Hanya ada ditanah ini Tanah Alifuru … Beta Maluku ose Sapa …. Mae Nusu

    Like

  8. Ini tulisan terhebat dan sangat penting dari semua tulisan yg pernah bt baca. Dari dulu bt selalu ajar bt pung anak2…seng boleh ada kata orang Ternate, Ambon, Key atau Tenggara… yg ada cuma satu…kantong MALUKU ANAK ALIFURU!!

    Like

  9. Pokokx katorang semua orang MALUKU. Beta d tanah rantau manyasal dgn kejadian yg d alami saudara Camilo. Dari ujung HLMAHERA SAMPE TENGARA JAUH. KATONG SEMUA ALIFURU..GBA..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s