Lebih 10.000-an Pemuda-Pemudi Kristen di Maluku akan Jalani Peneguhan Sidi


satumaluku.com- Umat Kristiani di Maluku, saat ini, sedang melakukan persiapan menyambut peneguhan anggota sidi gereja yang akan dilaksanakan pada hari Minggu (20/3/2016). Peneguhan sidi baru merupakan salah satu tradisi gereja Kristen Protestan di Maluku yang dilakukan kepada para pemuda dan pemudi yang telah melewati usia akil balik atau remaja.

Sekretaris Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) Pdt Elifas Tomix Maspaitella yang dihubungi satumaluku.com, Jumat (18/3/2016) menjelaskan, untuk wilayah Pulau Ambon, anggota sidi baru berjumlah 4.164 orang. Mereka tersebar di semua gereja yang ada di Klasis Kota Ambon, Klasis Pulau Ambon, Klasis Pulau Ambon Timur dan Klasis Pulau Ambon Utara.

Sedangkan untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara secara keseluruhan, berdasarkan data pembelian surat sidi, ada sekitar 10.644 orang. “Tapi masih akan ada penambahan. Jadi besok akan diinformasikan secara lengkap,” kata Pdt Maspaitella.

Sebelum menjalani peneguhan sidi, para pemuda dan pemudi mengikuti katekisasi (bimbingan iman) selama selama kurang lebih satu tahun. Setelah itu, bersama orang tua masing-masing mereka menjalani bimbingan khusus di akhir masa katekisasi sebelum ibadah peneguhan sidi dilaksanakan.

Sementara itu www.gpm-rumahtiga.com mengabarkan sebanyak 78 calon anggota sidi Baru Jemaat GPM Rumahtiga, Ambon, telah mengikuti malam pembedahan diri di Gedung Gereja Fajar Hidup, Selasa, 15 Maret 2016 lalu. Kegiatan diawali dengan persiapan dan arak–arakan peserta sambil memikul salib kecil dari Gedung Gereja Kehidupan menuju Gedung Gereja Fajar Hidup.

Kegiatan kemudian dibagi dalam 3 tahap besar antara lain ; tahap memahami “SIAPA AKU?”, tahap MENENTUKAN JALAN, dan tahap MENYUSURI VIADOLOROSA.

Pdt Maspaitella di sela kegiatan menjelaskan bahwa pembedahan diri Calon Anggota Sidi Gereja merupakan salah satu rangkaian pematangan dan perenungan diri serta bimbingan pribadi menuju akta pengakuan iman selaku anggota sidi gereja yang bertanggung jawab (dewasa).

Mereka telah menempuh pendidikan katekisasi selama kurang lebih satu tahun, dan sedang dalam proses mempersiapkan diri untuk mengambil keputusan iman, mengaku percaya dan mengikut jalan salib Yesus sepanjang hidupnya. Tujuan pembedahan diri ini bertujuan untuk membimbing calon sidi gereja agar mampu memahami arti dan makna pengakuan iman, juga agar dapat mengevaluasi kehidupannya selaku warga gereja dan mengambil keputusan untuk melaksanakan tugas misi gereja bersama warga gereja lainnya.

Di Tual, sebanyak 205 calon sidi baru Jemaat GPM Tual, mengikuti Malam Perenungan dan Meditas, pada Kamis malam (16/3/2016). Sedangkan di Jemaaat GPM Lateri, Ambon, sebanyak 108 calon sidi baru mengikuti ritual yang sama pada, Senin (14/3/2016).

Biasanya bagi masyarakat Kristen di Maluku, peneguhan sidi menjadi momentum untuk menjalin dan mempertebal rasa persaudaraan dan pertemanan. Karena itu, setiap kali momentum sidi baru, aktivitas mayarakat Kristen di Maluku menjadi semarak karena banyak handai taulan yang saling mengunjungi. (ald)

One thought on “Lebih 10.000-an Pemuda-Pemudi Kristen di Maluku akan Jalani Peneguhan Sidi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s