Mahasiswa Asal Maluku Tewas Dikeroyok Mahasiswa Sumba NTT di Malang


satumaluku.com- Nasehan Leplepem atau Moger (22) mahasiswa STIMIK Asia asal Dobo, Maluku, tewas setelah terkena sabetan parang kelompok mahasiswa asal Sumba.Moger dikeroyok di kawasan kampus Universitas Wisnuwardhana, Kecamatan Kedungkandang, Malang, Minggu (20/3) dini hari.

Saat itu, korban berada di kampus Unida untuk menghadiri acara pelantikan Pengurus Komunitas Mahasiswa Maluku (KMMU) di Universitas Wisnuwardhana, Sabtu (19/3/2016).

“Moger menghadiri acara pelantikan komunitas kedaerahaan di Unida. Kemudian datang kelompok dari Sumba,” ujar Fredy Jhon, warga Maluku yang dituakan di Malang pada media.

Terjadi kesalahpahaman oleh dua kelompok mahasiswa itu. Sekitar pukul 01.00 wib, puluhan kelompok mahasiswa menghadang mahasiswa dari Maluku. Bentrok tak terhindarkan. Kelompok penghadang memakai parang dan pisau.

Moger yang terkena sabetan senjata tajam ambruk. Sebelum meninggal, Moger sempat dilarikan ke Rumah Sakit Lavallete, Malang, pukul 02.25 WIB. Namun pendarahan hebat sehingga korban meninggal pukul 5.27 WIB.

Kini jenazah Moger berada di dalam Kamar Mayat RS Saiful Anwar ditunggui puluhan warga Maluku yang tinggal di Kota Malang dan dijaga ketat polisi bersenjata laras panjang.

Puluhan mahasiswa Maluku berkumpul di kamar jenazah Rumah Sakit Umum Daerah dr Saiful Anwar, Malang. Sejumlah anggota Polres Malang Kota bersenjata lengkap tampak terlihat berjaga-jaga di lokasi itu.

Kepala Polres Malang Kota AKBP Decky Hendarsono mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab pengeroyokan ini. Korban merupakan mahasiswa Semester XII jurusan Informatika, Perguruan Tinggi Asia, Malang.

“Kami siagakan anggota. Takut terjadi bentrok susulan. Proses hukum tetap berjalan dan meminta temam-teman Maluku agar tidak tersulut emosi,” kata AKBP Decky Hendarsono, di RSUD dr Saiful Anwar, Malang, Jawa Timur, Minggu (20/3/2016).

“Sekujur tubuh korban penuh darah. Bagian dada ada bekas tusukan parang, telinga sebelah kanan hampir putus, dan di kepala terdapat luka parah bekas sabetan parang,” kata dia.

Senior Mahasiswa Maluku lainnya, Edi Kainama mengatakan, Moger tewas setelah dikeroyok lebih dari 40 orang. Diduga, sekelompok orang itu berasl dari Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Menurut dia, usai pelantikan KMMU, mahasiswa Maluku menggelar acara santai seperti dansa, melantai, dan cha cha. Tidak berselang lama tujuh orang yang diketahui mahasiswa Sumba datang ke lokasi acara. Karena berpakaian kurang rapi, akhirnya panitia meminta mereka pulang dan bisa balik apabila sudah mengenakan pakaian rapi seperti mahasiswa Maluku lainnya.

“Panitia menghampiri saya dan meminta saran, jika ada anak Sumba datang dengan perangai kurang sopan. Lantas saya menyarankan supaya disampaikan secara baik-baik,” ujar dia, dilansir metrotvnews.com.

Selang 20 menit, mereka kembali datang ke lokasi dan ikut gabung di acara. Namun, ketua terpilih KMMU melaporkan jika salah satu dari mereka ada yang bawa parang. Takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, akhirnya anak Sumba yang bawa parang dihampiri olehnya.

“Niat saya ngajak bicara baik-baik, tapi gak tahunya anak tersebut ngamuk di lokasi sambil mengeluarkan parang dan pisau. Lihat situasi itu adik-adik Maluku tersulut emosinya dan melempar mereka dengan kursi, sehingga anak Sumba mundur lewat pintu sebelah kiri kampus,” ucapnya.

Kemudian mahasiswa Maluku sepakat acara dihentikan dan bubar. Saat turun bersama-sama, di lantai 2 mereka dicegat sekitar 15 orang. Ia bersama mahasiswa Maluku berhasil memukul mundur. Namun, sesampainya di area parkir, sekitar 30 orang lebih terlihat menunggu kedatangan mahasiswa Maluku.

“Sempat kami amankan lokasi. Di luar kami hanya berlima mensterilkan lokasi. Mahasiswa Maluku kami minta tetap di dalam kampus. Tidak tahunya adik kami (Moger) dikeroyok di sepanjang jalan samping kiri Kantor PDAM oleh 40 orang lebih. Setelah terkapar, mereka pergi dan meninggalkan korban di tengah jalan. Kami sempat bawa ke rumah sakit, sayang tidak bisa diselamatkan,” ceritanya lebih lanjut.

Pihaknya meminta apara kepolisian segera menangkap para pelaku serta menjatuhi hukuman setimpal. Ia menjamin mahasiswa Maluku di Malang tidak akan balik menyerang.

“Kami kehilangan saudara kami, kami harap polisi memberikan hukuman seberat-beratnya bagi pelaku,” harapnya.

Bentrok mahasiswa asal Maluku dan Sumba NTT di Malang, bukan baru kali ini terjadi, namun sudah berkali-kali. (baca:Mahasiswa Maluku dan NTT Bentrok di Malang & Mahasiswa Sumba NTT yang Pertama Main Parang). (avp)

219 thoughts on “Mahasiswa Asal Maluku Tewas Dikeroyok Mahasiswa Sumba NTT di Malang

  1. @maluku satu darah

    Basudara seng usah baribot. nanaku dorang pung muka di FB dan lain2…. kalo seng sakarang, itu nanti baru ator dorang… mau di malang kah di mana saja. yang pasti… sumba setang itu dong su jadi katong pung musuh abadi. katong ada di mana-mana. dong itu muka takisu kalo merantau… jadi tenang sa… jang gagawang…. salam #maluku satu darah….

    Like

  2. da usa ribut gitu,,kita sama2 dri tomor juga ko bisa gitu. dmai aj lah da usa dendam2 sgala. apakah ad untung jika membalas..

    Like

  3. hidop damai lebi bae…tu urusan orang sekolah….diselesaikan secara hukum layaknya orang sekolah…biar bisa jadi pelajaran buat ktong samua…bahwa di negara ini mase ada hukum yg lindungi tong samua…jang pake hukum rimba “selama hukum di negara ini masih berfungsi”—nanti orang tatawa katong samua(Maluku-Sumba) dari balakang…jang bawa preman-yang merasa seng sekolah atau so selesai sekolah seng usa iko2 kas panas stuasi…dong yg kuliah di malang atau tmpat lain di jawa katong samua pung harapan…ktong yang so selesai atau seng sekolah wajib lindungi dong klo memang itu diperlukan–tapi harus deng jalan yang cerdas…semoga diberi ketabahan buat basudara-keluarga yg ditinggalkan….harap orang tua2 Maluku di malang kawal ini kasus… bekerja sama deng aparat berwenang agar pelaku cepat di tangkap dan diadili…dari dolo sampe sekarang seng ada yang bisa kase tumpul ale deng beta pung nyali…mar yang bisa kase tumpul tong pung isi kapala banya…mena

    Like

  4. ingat orang sumba ada dimana-mana,,, belagu lu maluku,,,, kelakuan preman dari dulu di tv orang maluku preman tak habis – habis ditangkap,,,

    Like

  5. basudara maluku yg ada di malang… klw kmong butuh bantuan dari ktong par kas abis orang sumba di malang… b dg tmn2 orang maluku siap tempur ke kota malang, tapi bt yakin kmong pasti mampu kas abis orang sumba di malang…

    Pokoknya klw polisi sg dapat 40 tersangka… kmong harus cari la bunuh orang sumbah yg terlibat dalam perkelahian yg mengakibatkan ktong pung sodara meninggal

    Like

    1. Sumba lubang puki, bt sikat sampe ka kamong kampong puki tuh… klo preman jang sonto, sonto la katong lipa lapis deng kampung pung kampong kasih rata,, sumba sapanggal kacil sa biking diri.. dapa toki satu kali kampong tengelam

      Like

  6. ngarang aja cerita lu, itu versi lu orang maluku, versi sumba beda bro, emang otak preman, siapa sih yang nggak tau orang ambon ! ngarang aja cerita biar dikasihani lu

    Like

  7. @malukusatudarah…

    Satu orang mhs hukum sumba yg pulang sdh balik ke malang sbg informan utk yg lain.

    Beberapa hari ini dia tinggal di bali dan sekarang su ada di malang. Dis coba dekati rt rw dan pemilik kos spy dong samua ale di kos2an lama.

    Dia tau pelaku2 yg terlibat walau tidak ikut keroyok dan aktif jalin komunikasi dgn sumba lain slm di bali.

    Selama ini dia menganggap dong su menang krn korban di pihak kita.

    #nanakudia #gambardia

    Like

  8. Dong yg komen ni hanya mulut bsar sa d sosmed,, coba klow di dpan muka tapaleuk prah,, jang so, jdi prman brow klow hnya bsa komen d sosmed,,, buktikan maluku blang kamu pun org tu yg pling hbat,, d atas langit masi ada langit, kmi org nnt ti akan mundur, mo arifuru ke mo kapitan tai busu ke,,

    #slam pemuda ntt d jkarta

    Like

  9. Yang komen di atas coba kau bilang di jakarta mana yg orang NTT pegang? Sapa tokoh NTT di jkt yg disegani? Dia pegang daerah mana?

    Orang Maluku itu hidupnya gak spt yg kau bayangkan makanya dimana-mana pasti ada kampung ambon…

    #maluku1darah

    Like

  10. Yang posting duluan d ats jangan lah ko bgtu…jangan lah kau menunjukan hbat mu.dan asal kan kau tau tdk smua org sumba kau musuhi….shbt apa punk kau mzh ad yg lbh hebat dr kau…dan asal kan kau tau,sumba sll siap melawan rintangan atau masalah yg ad d depan..mati krn kbnrn it lbh mulia bg mereka dr pd mati karena kslahn..

    Like

  11. We Sumba Anjing Klo Jago Knpa Kabur Dri Kota Malang
    Katanya Jago.
    Ayo Klo Brani Datang Kita,Main Pake Parang Ayo.
    Dasa Pecundang Braninya Omong Doang
    Lubang Puki Par Kamong Sumba.

    Like

  12. Yang tulis di atas ini ketauan blom pernah ke jkt.. wkwkwk

    Supaya kau tau ya… gak ada anak NTT yg pegang tanah abang. Kau cm dengar cerita dulu2.. hahaha

    Tolong sebut saja satu nama kau punya orang yg pegang satu daerah di jkt… sapa tau anak2 maluku bisa kenalan dengan dia…

    #dasarmukatakisu

    Like

  13. lagi” maluku omong besar di sosmed.kamu balas lewat sosmed saja itu mungkin lebih bagus.
    hey supaya kalian tau kami orang sumba bukan takut atau lari dari kalian tapi kita jaga ne anakr arema dong punya soolidaritas.
    kalo memang kalian jagoan,ayo kita minta ijin di pemerrinta kota malang n ketua areeema supaya mereka kasih ijin kita perang.dan kalo memang kalian jagoan kita sesama mahasiswa sja.jgn kalian libatkan kalian punya orannngr yg sdaaah jdi aparat.
    bagai mana maluku puq bau anus anjing.
    kalian bera berani ka?

    sumba

    Like

    1. Sumba dalam puq panako mo,la..lari kasana kamari kaya anjing yg lagi cri makan,lubam puki kmi anak maluku tidak perna bicara sja tantap pembuktian komong pikir komong kapa,muka babi,otak kerbou ni,masu minta parampuang sja deng kerbou jadi kalian pantas dijuluki laknat kerbou,bangsat sumba

      Like

  14. Buat ana maluku dengan ana Sumba… Dong pi di malang ni buat kuliah atau bikin apa? Kasiang eee… Orang tua di kampung ada cari uang par bayar kamong kuliah… Tapi kamong seng sadar kah? Paling seng tau malu… Seng rasa orang tua pung perjuangan di kampung voor bayar kamong uang kuliah… Ana ana bagini ni yang bikin daerah bukan tambah maju.. Tapi tambah mundur… Gara gara generasi penerus otak kayak preman… Orang timur itu harusnya bersatu… Bukan baku musuh… Maluku papua NTT itu satu ras.. Katong samua Ras melanesia… Coba buka kamong pung otak tu lalu sadar… Kuliah di kota jang kalakuang kayak orang primitif… NTT itu ada hubungan sejarah deng maluku… Coba tanya di orang tua tua di NTT itu asalnya dari mana?
    Harusnya ketua pemuda maluku maupun sumba harus berperan baik voor masalah ini… Masing masing atur pemuda sendiri bae bae… Didik pemuda itu bae bae… Buat yang di malang…
    Salam hormat!

    Like

  15. Hay…kawan” donk jgn banyak bcra disosmed saja.tda ada untungx klu tda bsa memberi solussi.alangkah baikx cr solusi utk penyelesaian masalah ini.kalu anda hebat.pintar.bkn manas”in suasana.tp duduk bareng utk cri solusi.kmu kasian saudra” klian yg ga tau menau.baik itu ambon sumba sama saja.mereka itu yg ga px prinsip sehingga.mereka tdak tau apa yg menjadi tujuan mereka merantau.jdi kasi pandanganlah.jgn bhasa kontor yg muncul disosmed klu anda merasa maasi px bati sama mereka.by dr kodi ntr

    Like

  16. Memsng orang maluku tu preman tapi yg baik bukan kalian sumba otak dono seperti kerbau yg belis perempuanya bayar pake kerbau babi tikus monyet ular tai lalat tikus got dan tikus sawa ada harus kalian sumba tu dinamakan sumba otak ponoh deng tai puki dan tai cicak cukup di pahami dan dimengerti dan di laksanakan beta maluku barang kanapa sumba pamalas mandi tidak perna pake reksona jadi bau badan kalian kaya seperti kerbau dasar hidup di hutan jadi kaya orang hutan maksih

    Like

    1. Teman teman tidak usah saling menghina karena anda tidak bakal dapat manfaatnya. Justru anda akan kelebihan emosi berakhir dengan penyakit. Kalau anda kaum terpelajar pastinya bicara santun, dasar mahasiswa bloon.Kemampuanya cuman bisa menghina tanpa solusi. Bikin malu saja.

      Like

  17. Btul itu.klu px otak n terpelajar.bkn panasin suasanma.cr solusi donk bray.jgn tunjukan o’on klian didunia maya.malu donk jd orang timur .klu orang jwa bca tulisanmu.diketawain begox.

    Like

  18. Jangan bls kejahatan dgn kjahatan.
    Harus bisa saling mengampuni. kalo kita tdk mengampuni maka BAPA di sorga juga tidak mengampuni.

    Like

  19. emang sumba

    punya apa? punya kekayaan gersang,tandus tidak ada hasil bumi tandus abiisss
    kasihan deh lhoo,mikir bukan bangga tandus,kering kerontang.mo tunjuk jago di tanah orang.tauu diri dong??
    sumba baru nongol tdk ada apa apanya hanya jago kroyokan,banci abiiss,kurang terkenal dan tidak dikenal.klo ambon dr dulu kala sdh terkeunianal sampai ke ujung dunia..klo sumba primitif.primitif hasil bumi,kasihan kering krontang.kasihan deeh lho.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s