Darwin-Ambon Jajaki Pengembangan Kapasitas PNS


satumaluku.com- Pemerintah Darwin dan Kota Ambon menjajaki kerja sama di bidang pendidikan untuk pengembangan kapasitas Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penjajakan dilakukan associate professor school of law, Charles Darwin University (CDU), David Price bersama perwakilan Konsulat Republik Indonesia di Darwin Northern Territory Australia.

“Kunjungan yang dilakukan saat ini untuk melakukan penjajakan program studi lanjutan PNS Ambon di Darwin, guna peningkatan kapasitas pegawai,” kata Wali Kota Richard Louhenapessy di Ambon, Selasa (22/3/2016), dilansir Antara.

Menurut dia, penjajakan tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama sister city (kota kembar) Darwin – Ambon yang telah terjalin sejak tahun 1983.

Berbagai kerja sama telah terjalin antara lain di bidang pariwisata yakni lomba layar Darwin – Ambon, pendidikan pertukaran pelajar dan guru.

“Ke depan kita akan menjajaki kerja sama pengembangan kapasitas PNS dan siswa SLTA dalam berbahasa inggris. Diharapkan pertukaran tersebut membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan dan pengembangan PNS,” katanya.

Richard menyatakan, hubungan kerja sama masyarakat internasional yang telah terjalin tidak mungkin berhenti dan diharapkan semakin baik.

“Menindaklanjuti pertemuan ini saya akan bertemu dengan rektor Unpatti dan prof David Price juga akan berbicara dengan rektor Charles darwin University guna mengkonkritkan kerja sama tersebut,” tandasnya.

Sementara itu David price menyatakan, kawasan timur Indonesia (KTI) di antaranya Ambon menjadi fokus CDU mengingat kedekatan geografis dan kemiripan demografi.

Mengingat banyaknya kerja sama CDU dengan Indonesia, CDU memiliki Indonesia Reference Group (IRG) untuk mengetahui perkembangan serta mensinergikan hubungan dan kerja sama yang ada, dimana Konsulat menjadi salah satu anggota IRG.

“Kami berupaya menawarkan program studi yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa, mahasiswa maupun saat ini penjajakan bagi para PNS,” katanya.

CDU cukup aktif dalam menjalin hubungan dengan Indonesia yakni Universitas gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Udayana.

Untuk Universitas Pattimura Ambon, pihaknya menjadi pembicara kegiatan Foreign Policy Lecture terkait potensi kerja sama antara wilayah utara Australia dan KTI.

“Kunjungan kali ini akan ditindaklanjuti dengan pembaharuan peningkatan kerja sama kedua kota, juga dengan Universitas Pattimura,” kata David Price. (*)

Pewarta: Penina Mayaut/Antara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s