251 Petinju Berlaga di Piala Gubernur Maluku


satumaluku.com- Sebanyak 251 petinju putra dan putri siap berlaga di kejuaraan tinju terbuka Piala Gubernur Maluku II yang akan diselenggarakan di Ambon, 28 Maret – 8 April 2016.

Sebanyak 251 petinju terdiri dari 201 petinju putra dan 50 petinju putri yang berasal dari sembilan DPD Pertina, 18 Pertina kabupaten dan kota serta 24 sasana yang tersebar di Indonesia.

“Sampai hari ini sebanyak 251 petinju telah mendaftar untuk mengikuti kejuaraan tinju terbuka piala Gubernur Maluku II,” kata sekretaris panitia Rustam Simanjuntak di Ambon, Selasa (22/3/2016), dilansir Antara.

Menurut dia, kejuaraan terbagi dalam 16 kelas putra dan putri. Kelas putra terdiri dari 46kg, 49kg, 52kg, 56kg, 60kg, 64kg, 69kg, 75kg, 81kg dan 91kg, sedangkan putri terdiri dari kelas 48kg, 51kg, 54kg, 57kg, 60kg, dan 64kg.

“10 kelas akan diperebutkan oleh putra dan enam kelas diperebutkan oleh tim putri,” katanya.

Rustam menjelaskan, saat ini pihaknya sementara melakukan persiapan teknis maupun non teknis yakni lokasi kejuaraan, akomodasi dan berbagai persiapan lainnya.

“Jumlah petinju yang terdaftar cukup banyak dan dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari evaluasi prestasi petinju menjelang PON XIX yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Jawa Barat pada 17-29 September 2016,” katanya.

Berdasarkan data panitia, Provinsi Jawa Barat mengirimkan 10 putra, enam putri dan enam offisial, Pertina Banten lima putra dan tiga offisial, Pertina Bali empat putra dan satu offisial, Pertina Riau empat putra, tiga putri dan empat offisial, Pertina Kalimantan Selatan masing-masing dua putra, putri dan offisial), Pertina DKI Jakarta satu putra dan satu putri, Pertina NTB empat putra, tiga putri dan offisial dan Pertina Maluku tujuh putra, enam putri dan enam offisial.

“Selain itu para petinju dari kabupaten dan sejumlah sasana di Indonesia. Untuk Maluku sendiri diutus empat sasana dan empat kabupeten yakni Buru Selatan, MTB, SBB dan Maluku Tenggara,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Pengprov Pertina Maluku, Sam Latuconsina mengemukakan, kejuaraan ini merupakan realisasi dari program Pengprov Pertina Maluku periode 20014-2018 yang diputuskan melalui Mukerda di Ambon pada 23 Juni 2014.

“Kejuaraan harus diintensifkan untuk mengevaluasi program latihan yang diterapkan para pelatih, mengukur prestasi petinju dan menggairahkan cabang olahraga tinju di Maluku sehingga bisa menelorkan atlet berprestasi, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional,” katanya.(*)

Pewarta: Penina Mayaut
Sumber: Antara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s