Panjang Landasan Pacu Bandara Rar Gwamar Dobo Ditambah 200 Meter


satumaluku.com- Pada tahun anggaran 2016 ini, pengerjaan panjang landasan pacu Bandara Rar Gwamar Dobo akan ditambah 200 meter dan lebarnya ditambah tujuh meter. Dengan demikian, panjang bandara tersebut nantinya akan menjadi 1,3 kilometer dan lebar 30 meter.

Kepala Unit Pelayanan Bandara Rar Gwamar Dobo, Januaris Serdurin mengungkapkan, pengembangan fasilitas bandara dilakukan secara bertahap. Anggaran pengembangan dan peningkatan fasilitas Bandara Rar Gwamar Dobo, berasal dari bantuan APBD Kabupaten Kepulauan Aru sebesar Rp10 Milyar dan APBN sebesar Rp20 Milyar. “Sehingga total anggaran untuk perpanjangan dan pelebaran landasan pacuh itu sebesar Rp. 30 milyar,” katanya dilansir siwalima.

Dikatakan, pengembangan dan peningkatan bandara akan dilakukan secara bertahap, dimana pekerjaan perpanjangan dan pelebaran dikerjakan mulai dari peralataan areal apron, terminal penumpang dan parkiran pada bagian sisi kiri landasan pacuh. Areal yang ada sekarang ini yakni, terminal penumpang dan lainnya akan dipindahkan semua ke lokasi yang baru.

“Ini dimaksudkan agar, fasilitas bandara ini semakin baik, sehingga armada yang masuk juga semakin baik dan penumpang yang datang maupun yang akan berangkat lebih merasa nyaman,” tuturnya.

Untuk tahun 2017 ini, pihaknya mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat mencapai Rp100 miliar. Dengan demikian fasilitas yang ada didalamnya benar-benar dirancang secara baik. Dia berharap, seluruh masyarakat di kabupaten berjulukan Bumi Jargaria ini, mendukung program tersebut. (ald)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s