Banyak Pegawai Berijasah SMA, Pemkot Ambon Keberatan Rasionalisasi PNS


satumaluku.com- Pemerintah Kota Ambon keberatan dengan rencana pemberlakuan rasionalisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) berijasah SD, SMP, dan SMA yang akan segera diberlakukan. Pertimbanganya, jumlah PNS berijasah SMA di Ambon masih banyak, sehingga jika diberlakukan akan banyak PNS terkena rasionalisasi.

“Jumlah PNS yang berijazah SMA di Pemkot Ambon memang masih banyak, sehingga kita berharap kebijakan itu perlu dipertimbangkan lagi,” kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Rabu (23/3).

Jika ingin memberlakukan peraturan baru KemPAN-RB itu, kata Richard Louhenapessy, dibutuhkan dibutuhkan pertimbangan yang matang dengan kajian yang betul-betul akurat, karena pasti akan mengorbankan banyak orang.

“Pemerintah memang sedang terus memperbaiki pelayanan publik, tapi di sisi lain juga harus mempertimbangkan nasib ribuan PNS di lingkup Pemkot Ambon,” katanya.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemPAN-RB) saat ini telah membuat design rasionalisasi PNS. Tahapan Rasionalisasi atau pemangkasan PNS akan dimulai pada bulan Mei 2016. Sedangkan rasionalisasi dilaksanakan pada 2017.

Langkah awal berupa audit organisasi, disusul dengan pemetaan SDM, dan penilaian kinerja. Hasil penilaian akan dirangking, PNS dengan rangking kinerja terbawah/terburuk akan dirumahkan.

MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi kepada para sekretaris daerah provinsi se-Indonesia di kantor kemenpan-RB, 8 Maret lalu, menjelaskan pengurangan PNS dilakukan untuk menurunkan belanja pegawai yang saat ini masih tinggi saat ini. Cara menurunkannya, salah satunya dengan mengurangi PNS yang dinilai tidak punya kualifikasi, kinerja buruk, serta tidak kompeten.

Terlebih lagi, untuk tingkat daerah, belanja pegawai masih cukup besar. Yuddy menyebut 134 daerah yang belanja pegawainya di atas 50 persen dan beberapa di atas 70 persen. Kebijakan rasionalisasi saat ini masih dalam tahap kajian dan akan diterapkan mulai 2017.

Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja menambahkan, rasionalisasi jumlah PNS akan dimulai 2017 hingga 2019. Targetnya, satu juta PNS dipensiunkan lebih dini, alias dirumahkan. Ditambah ada 500 ribu PNS yang masuk masa pensiun pada 2017-2019. Total, ditargetkan ada pengurangan 1,5 juta PNS. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s