MANTAP! Blok Masela Bisa Serap 143 Ribu Tenaga Kerja


satumaluku.com- Berapa jumlah tenaga kerja yang bisa terserap dari kehadiran kilang Blok Masela di darat sebagaimana diputuskan Presiden Joko Widodo? Hasil kajian Lembaga Kajian Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia menunjukkan angka 143.900 orang.

Tenaga kerja yang terserap ini, menurut Ekonom INDEF Berly Martawardaya, tidak hanya meliputi tenaga ahli, tetapi juga tenaga lulusan pendidikan menengah ke bawah.

Begitu juga halnya dengan pendapatan rumah tangga. Sesuai hasil kaian LPEM UI, dengan adanya kilang Blok Masela di darat, pendapatan rumah tangga menjadi meningkat hingga USD 12,4 miliar. (baca: Jangan GADUH! Kabupaten MBD dan MTB Rebutan Lokasi Kilang Blok Masela)

Sementara itu Ekonom Drajad Wibowo menjelaskan dengan adanya keputusan Presiden Joko Widodo menetapkan kilang minyak Blok Masela dibangun di darat, akan menimbulkan efek multiplier dan dampaknya terhadap pembangunan sangat besar.

“Masyarakat Maluku akan diuntungkan karena bisa berpartisipasi langsung dari usaha kecil hingga pembangunan properti,” ujar Drajad di Jakarta, Kamis (24/3/2016). (baca:  lapangan kerja tidak ada, 12.000 sarjana di Maluku menganggur)

Di balik manfaat yang akan diperoleh tersebut, Drajad juga mengingatkan kemungkinan hambatan yang akan muncul dari sisi pendanaan, perizinan, pengadaan barang dan jasa, hingga mafia tanah. “Itu semua perlu kerja keras untuk mengatasinya,” tandasnya. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s