Hujan Terus Guyur Kota Ambon, Warga Mulai Waspada Banjir


satumaluku.com- Mengawali bulan April 2016, Kota Ambon dan sekitarnya diguyur hujan deras. Kekhawatiran terjadinya banjir, mulai melanda warga Ambon. Apalagi ada talud di kawasan Belakang Soya kecamatan Sirimau yang jebol.

Sejumlah masyarakat mengungkapkan rasa khawatir karena hujan lebat yang terus mengguyur Kota Ambon. “Ambon hujan trus bagini klu 2 jam lai masih turun deras brarti siaga banjir berlangsung,” tulis Hani Lewerissa di akun facebook-nya, Jumat (1/4/2016).

“Tetap smangat, walaupun harus kehujanan.. yg tinggal di lereng gunung dan daerah rawan banjir utk tetap waspada,” tulis Romie Kermite memberi semangat.

Sementar itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon siaga mengantisipasi terjadinya bencana alam yang terjadi di daerah itu.

“Intensitas hujan yang cukup tinggi di Ambon hari ini, Jumat, sejak pagi berdampak terjadinya banjir karena luapan air ke pemukiman warga, selain itu talud yang jebol juga bisa berdampak pada tanah longsor,” kata Kepala BPBD setempat, Enrico Matitaputty, Jumat (1/4/2016).

Menurut dia, hujan yang mengguyur Kota Ambon berdampak pada jebolnya talud di kawasan Belakang Soya kecamatan Sirimau.

Pihaknya intensif melakukan pemantauan dan menerima informasi dari masyarakat sebagai bentuk antisipasi penanggulangan bencana khususnya di kawasan Belakang Soya.

“Setelah menerima informasi talud warga yang jebol petugas langsung menuju lokasi untuk menutup sementara jalur air dengan terpal, guna menghindari resiko yang lebih besar,” katanya.

Enrico mengakui, pihaknya juga telah menyiagakan tenaga relawan menyukseskan program desa tangguh bencana.

Ditambahkannya,menghadapi bencana alam masyarakat tidak boleh pasif yakni bukan hanya sebagai orang yang tidak berbuat apa-apa, tetapi diharapkan mempunyai cara untuk menyampaikan informasi jika terjadi bencana.

Sementara itu, info BMKG Maluku merilis, pada Sabtu (2/4/2016), hujan masih akan terjadi di Pulau Ambon, Pulau Seram, Pulau Buru, Pulau Geser, Pulau banda, dan kepulauan Kei.

Arah angin bertiup dari Tenggara ke Utara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam. Sedangkan prakiraan gelombang laut 0.1 – 1.25 meter terjadi di laut Seram, perairan Selatan Ambon, laut Banda, perairan Kep. Kai, perairan Kep.Aru, perairan Tanimbar, perairan Maluku Barat Daya dan laut Arafura. (ald)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s