Kalau Kuliah di Luar Maluku, Baiknya ke Kota Mana?


satumaluku.com- Sebentar lagi para siswa di bangku SMA akan menjalani ujian nasional (UN). Di Maluku, saat ini, sudah banyak perguruan tinggi yang bisa menjadi pilihan bila ingin melanjutkan studi. Tidak hanya perguruan tinggi di Kota Ambon, tapi juga di berbagai kota lain di Maluku.

Tetapi, jika ingin melanjutkan studi di luar Maluku (masih di Indonesia), sebaiknya kota dan universitas mana yang akan dituju? Beberapa tips yang dirangkum dari sejumlah tulisan di bawah ini mungkin bisa dijadikan referensi:

1. Pilih Kota yang memiliki universitas berkualitas

Salah satu pilihan sebelum memutuskan kota mana yang akan dipilih adalah mencari tahu universitas apa saja yang ada di kota tersebut.

Sebaiknya memilih universitas yang program keilmuannya tidak ada di kota asal. Tujuannya, jika suatu saat, kembali ke daerah, kita akan memiliki value yang berbeda dengan lulusan di kota asal.

2. Pilih yang mapan dan jaringan alumni yang kuat

Hal lain yang jadi pertimbangan, adalah jaringan alumni. Bila universitas itu berkualitas, biasanya alumninya sudah tersebar di berbagai lapangan pekerjaan. Hal itu akan membantu kita saat mencari kerja atau menjadi pengusaha.

Sebaiknya menghindari pilihan pada universitas-universitas swasta yang belum lama berdiri. Karena biasanya sistem kependidikan dan jaringan alumninya belum kuat dan mengakar.

3. Pilih kota dengan biaya hidup murah

Kota dengan biaya hidup murah menjadi pertimbangan penting sebelum memutuskan pilihan. Dalam hal ini, murah tidak hanya mengenai makanan semata, tetapi sewa kos-kosan dan juga dalam hal teknologi informasi.

Untuk hal ini, bisa dipastikan, kota-kota di Pulau Jawa memiliki nilai plus. Selain harga makanan yang murah, juga akses teknologi informasinya sudah lebih baik.

4. Kondisi sosial masyarakat yang mendukung

Faktor masyarakat setempat tentu perlu menjadi pertimbangan. Sebaiknya pilih kota-kota yang sudah sejak lama terbiasa didatangi oleh para pendatang. Karena masyarakatnya akan lebih permisif.

Biasakan melakukan browsing di internet tentang kota yang akan dituju, apakah sering terjadi konflik antara mahasiswa dengan masyarakat setempat atau tidak. Jika sering terjadi, sebaiknya hindari kota tersebut.

Begitu juga pilih kota-kota yang tidak sering terjadi bentrokan antara sesama mahasiswa pendatang. Karena hal itu akan membuat ketidaknyamanan.

5. Atmosfer intelektual dan kreativitas yang kuat

Pilih kota yang atmosfer intelektual dan kreativitasnya kuat. Biasanya kota yang demikian, seiap tahunnya, menjadi tujuan ribuan pelajar dari berbagai daerah untuk menimba ilmu

Kota yang banyak anak muda, biasanya akan banyak pula komunitas diskusi, organisasi pelajar, lembaga nonprofit, dan berbagai jenis organisasi lainnya menjadi hal yang biasa di sini. Mahasiswa dapat memilih komunitas yang sesuai dengan minat dan bakatnya dengan mudah.  

6. Banyak tempat wisata

Pilih kota yang juga memiliki sejumlah obyek wisata yang menawan dan murah meriah. Karena dengan begitu, tidak akan membuat bosan dan jenuh.

Keberadaan tempat-tempat wisata juga akan mempercepat sosialisasi antar teman karena bisa liburan bersama di akhir pekan, dan libur panjang.

7.  Segera beradaptasi dengan budaya setempat

Satu hal penting yang harus diingat saat melanjutkan pendidikan di luar Maluku, adalah menyesuaikan diri dengan budaya tempat kita menimba ilmu. Karena dengan cepat melakukan adaptasi budaya, akan sangat membantu dalam penyelesaian studi dan proses sosialisasi.   (petra josua)

One thought on “Kalau Kuliah di Luar Maluku, Baiknya ke Kota Mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s