Di JMP Galala-Poka, Jokowi Singgung SDM Maluku untuk Blok Masela


satumaluku.com- Sudah saatnya Pemerintah Maluku menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang menguasai industri minyak dan gas. Kehadiran kilang migas abadi Blok Masela harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk penyerapan tenaga kerja lokal.

“Saya sudah sampaikan ke Kemendikbud, SDM di Maluku perlu disiapkan,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan peresmian Jembatan Merah Putih (JMP) Galala-Poka, Senin sore (4/4/2016).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memang menyinggung soal kebijakannya yang memutuskan pengelolaan kilang Blok Masela dilakukan di darat (onshore).

Menurut Presiden, putusan itu dilatarbelakangi oleh peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan. Masyarakat Maluku harus ikut menikmati pemanfaatan sumber daya alam terbesar di Indonesia tersebut.

Jika pengelolaan Blok Masela secara onshore maka banyak sumberdaya manusia yang dilibatkan. Akan ada penyerapan tenaga kerja, biaya pembebasan lahan hingga peningkatan ekonomi daerah. Sebaliknya, jika di laut, masyarakat hanya menjadi penoton. Hanya pihak-pihak yang berkenpetingan saja yang menikmati sumber daya alam tersebut. “Jadi saya memilih untuk pembangunan Blok Masela di darat,” tegas Presiden.

Dikatakan juga, bahwa pengelolaan kilang migas Blok Masela di darat merupakan kesempatan bagus yang harus segera dimanfaatkan. Butuh delapan tahun untuk mempersiapkan operasionalisasi Blok Masela. Dengan demikian, masih cukup waktu untuk menyiapkan SDM terbaik dari Maluku.

Menurut Presiden Jokowi, di Maluku harus ada Politeknik yang juga menyiapkan tenaga-tenaga terlatih di bidang perminyakan dan gas sebelum pengelolaan Blok Masela dimulai yakni delapan tahun mendatang. Pembangunan Politeknik tersebut bertujuan agar perekrutan tenaga kerja untuk Blok Masela bisa lebih banyak dari masyarakat lokal.

“Harus ada banyak tenaga kerja lokal yang disertakan. Jika pengusaha membutuhkan 1000 tenaga kerja maka Maluku harus menyiapkan 2000. Nantinya diseleksi secara profesional,” saran Presiden. (avp)

2 thoughts on “Di JMP Galala-Poka, Jokowi Singgung SDM Maluku untuk Blok Masela

  1. Mohon maaf sebagai bagian dr anak negeri Rumahtiga kami sangat menolak jika jembatan merah putih itu disebut berada didesa poka karena untuk ketahuan bpk/ibu sdr/i bhw JMP berada diatas wilayah petuanan negeri adat Rumahtiga dan bukan desa poka .. Mohon di pahami ..!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s