Pukul Tifa dan Tandatangan Prasasti, Jokowi Resmikan JMP Galala-Poka


satumaluku.com- Ikon baru Kota Ambon Jembatan Merah Putih (JMP) Galala-Poka diresmikan Presiden Joko Widodo, Senin sore (4/4/2016). Jembatan sepanjang 1.140 meter ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia Timur saat ini.

Presiden berharap kehadiran JMP Galala-Poka juga bisa menjadi ikon baru pariwisata Kota Ambon. “Keindahan Kota Ambon, khususnya Teluk Ambon akan dapat dinikmati oleh siapa pun yang datang ke sini” kata Presiden saat menyampaikan sambutan peresmian JMP Galala-Poka.

Peresmian yang ditandai pemukulan tifa dan penandatanganan prasasti itu, dilaksanakan tepat di tengah jembatan, setelah Presiden dan rombongan baru saja tiba dari Jakarta. Gerimis yang mengguyur Kota Ambon saat itu mengiringi proses peresmian namun acara berlangsung lancar dan tidak menyurutkan semangat masyarakat menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Dalam sebagian sambutannya, Presiden menggarisbawahi untuk memenangkan kompetisi, selain deregulasi, percepatan pembangunan infrastruktur yang bersifat Indonesia sentris juga merupakan keharusan. Selain itu, infrastruktur yang tidak memadai, tidak akan memiliki daya tarik bagi investor.

“Fokus pada prioritas infrastruktur adalah wajib. Tidak bisa ditawar lagi. Baik yang namanya pelabuhan, tol, jembatan sudah merupakan prasyarat yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” ucap Presiden.

Di bidang regulasi, Presiden mengingatkan bahwa terdapat 3.000 peraturan daerah yang bermasalah. Untuk itu Presiden meminta agar Pimpinan dan seluruh anggota DPRD membuat aturan yang dapat mendorong masyarakat dapat bergerak dengan cepat, bukan justru menjerat diri sendiri.

Sambutan ditutup dengan pernyataan peresmian Jembatan Merah Putih oleh Presiden. Dalam acara ini, Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Maluku Said Assagaf.

Sementara itu, Gubernur Maluku Said Assagaf berharap kunjungan Presiden akan menjadi motivasi bagi masyarakat di daerah untuk membangun Maluku dan Indonesia, sebab Indonesia yang bermartabat akan sangat ditentukan pemimpin yang memiliki visi dan komitmen yang teguh. 

Gubernur mengatakan JMP Galala-Poka telah menjadi solusi dalam banyak aspek bagi pengembangan dan kemajuan Kota Ambon sekaligus memenuhi penataan fungsi Teluk Ambon yang akan dikembangkan untuk kepentingan wilayah dan sektor-sektor vital. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s