JMP Galala-Poka Ditutup Lagi, Minimal 6 Syarat Belum Tuntas Dikerjakan


satumaluku.com- Satuan Kerja JMP Galala-Poka akan menutup lagi akses umum ke jembatan yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo, minimal satu minggu ke depan.

Penutupan sementara dilakukan karena masih ada sejumlah syarat yang belum dipenuhi sebelum mengoperasionalkan jembatan tersebut untuk umum. Hal ini didasarkan atas persyaratan dari Balai Jalan dan Jembatan Nasional Wilayah IX Maluku-Maluku Utara, sesuai permintaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Komisi Keamanan Jembatan.

Kasatker JMP Chres Lesmono mengungkapkan, secara teknik JMP memang sudah bisa dilewati berbagai kendaraan. Namun masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan. Misalkan saja Tower Crane yang masih menempel bentang jembatan, pemasangan CCTV hingga pengawasan.

“Paling lambat satu minggu ini kita tutup lagi, nanti setelah pembongkaran Tower Crane, kita open traffic alias buka jalur. Karena ketika pembongkaran pasti terjadi goncangan, dan bahaya kalau ada pengendara yang lewat,” terangnya.

Pada Selasa, sehari setelah peresmian oleh Presiden Jokowi, JMP Galala-Poka sudah dilintasi kendaraan dan hilir mudik masyarakat. Namun, hanya baru satu sisi jalan di jembatan yang dibuka untuk lalu lintas kendaraan. Sedangkan satu sisi lainnya belum boleh digunakan.

Masyarakat pengguna sepeda motor juga terlihat melintasi jembatan tersebut dan banyak kendaraan yang berhenti di jembatan karena masyarakat ingin melakukan selfie.

Menurut Chres Lesmono, JMP Galala-Poka adalah jenis jembatan khusus karena memiliki panjang lebih dari 200 meter sehingga terikat pada aturan yang ketat. Dia menyebut persyaratan lain yang harus dipenuhi Pemprov Maluku adalah kesediaan untuk menempatkan petugas Satpol PP di lokasi jembatan. Petugas yang ditempatkan harus mengawasi JMP Galal-Poka selama 24 jam non stop.

Kemudian, Pemda juga harus memberikan jaminan untuk melakukan pengawasan khusus, sambil menunggu pemasangan CCTV.

“Permintaan ini dari pimpinan di Jakarta. Bukan kemauan kita atau lainnya. Kalau CCTV sudah terpasang, kan tidak perlu lagi orang bolak-balik diatas jembatan untuk awasi. Tapi selama belum ada, harus diyakinkan oleh pemda bahwa harus ada pengawasan,” tegasnya seraya mengaku sudah bertemu Gubernur Maluku untuk menjelaskan masalah tersebut, kemarin.

Lantaran jenisnya sebagai jembatan khusus, maka tidak diijinkan adanya pejalan kaki ataupun ada pengendara yang berhenti diatas jembatan. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah pembangunan menara pengawas untuk memantau kecepatan angin diatas jembatan.

“Angin kencang sangat berpotensi dikawasan atas jembatan. Jadi kalau ada menara pengawas, kita bisa hitung kecepatan anginnya. Jika telah mencapai 45 kilo meter perjam, maka pintu jalur jembatan harus ditutup dan tidak bisa dilewati kendaraan, karena sangat bahaya,” terangnya. (avp)

Enam hal yang Belum Tuntas dari Proyek JMP Galala-Poka:
1. Underpass belum diselesaikan
2. Lighting JMP belum tuntas
3. Pilar-pilar jembatan belum diberi ornamen
4. Marka jembatan belum selesai dikerjakan
5. Jembatan itu belum diuji laik
6. Kantor pengelola jembatan belum dibangun

5 thoughts on “JMP Galala-Poka Ditutup Lagi, Minimal 6 Syarat Belum Tuntas Dikerjakan

  1. Setuju , dan memang sangat dibutuhkan petugas untuk pengawasan , tadi malam baru baru saja lewat dan tertahan macet diatas JMP hampir 1 jam , karena banyak mobil dan motor yang parkir untuk foto-foto , dan sangat disayangkan saya tidak melihat petugas keamanan disana tadi malam

    Like

  2. JMP tetap bs dilewati kapanpun jdi biarkan semua hal yang msih kurang diselesaikan terlebih dahulu..
    karena hal ini menyangkut keselamatan bnyk orng…

    Like

  3. Cokoooo…. Jmp. Jelek.. Pekerjaan abal2..lampu jln kok pke tenaga surya.suramadu lebih bagus..di cat sama lampu kerlap kerlip.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s