Pelatihan Migas 30 Dosen Unpatti di Cepu Dirintis Sejak Awal 2016


satumaluku.com- Keberangkatan 30 dosen Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon dari Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA yang akan mengikuti pelatihan di Lembaga Diklat Migas Cepu, Jawa Tengah, ternyata sudah dirintis sejak awal Januari lalu sebagai antisipasi berproduksinya Blok Masela.

Siaran Pers Pusdiklat Migas Cepu, Jumat (8/4/2016), menjelaskan, pada 16 Februari 2016, telah dilakukan kerjasama setelah adanya pertemuan antara Pusdiklat Migas, Rektor Universitas pattimura, Pemerintah Daerah Maluku Barat Daya dan Kepulauan Aru. Salah satu hasilnya adalah pelaksanaan Diklat Teknis Bidang Migas sebagai diklat yang pertama kali akan dilaksanakan.

Diklat Teknis Bidang Migas yang dijalani para dosen Unpatti, merupakan satu dari 7 judul Diklat yang diimplementasikan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan Bidang Teknis Minyak dan Gas Bumi untuk masyarakat di tahun 2016.

Enam judul Diklat lainnya adalah Diklat Pengelasan (Welding), Diklat K3LL, Diklat Scaffolding, serta Diklat Operator Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban (OPA) Sub Bidang Kran Mobil. Selain itu, adalah Diklat Operator Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban (OPA) Sub Bidang Juru Ikat Beban, dan Diklat Operator Pesawat Angkat, Angkut dan Ikat Beban (OPA) Sub Bidang Forklift.

Dosen-dosen Unpatti Ambon mendapat kesempatan pertama mengikuti Diklat yang akan dimulai 12 April sampai dengan 26 Mei 2016.

Selain Diklat Teknis Bidang Migas bagi Dosen Universitas Pattimura, ke-6 kegiatan diklat masyarakat lainnya diakhiri dengan kegiatan Uji Kompetensi Sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) PPT Migas. Harapannya lulusan dari diklat tersebut dapat diakui kompetensinya dan dapat diterima dengan mudah di industri migas.

Seperti diberitakan sebelumnya, terkait penerimaan mahasiswa baru Pertambangan di Unpatti yang dimulai Juni Tahun 2016 ini, sebanyak 30 tenaga dosen organik dari Fakultas Teknik dan MIPA akan mengikuti pelatihan pada lembaga Pusat Pendidikan dan Latihan Migas milik Kementerian ESDM di Cepu, Jawa Tengah, selama satu bulan.

Rektor Unpatti Marthinus Sapteno, Kamis (7/4/2016), menjelaskan untuk sementara, jurusan minat pertambangan berada di bawah naungan Fakultas Teknik sebelum nanti disahkan menjadi Fakultas Pertambangan. Sistem rekrutmen mahasiswanya pun dilakukan secara khusus, karena mereka akan disiapkan disiapkan untuk kebutuhan tenaga kerja di Blok Masela. (ald)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s