Tuasikal Janji Biayai Mahasiswa Kedokteran, Umasugi Janji Rusunawa 100 Kamar


satumaluku.com- Dua bupati di Maluku, Tuasikal Abua (Maluku Tengah) dan Ramly Umasugi (Buru) menebar janji kepada para siswa dan mahasiswa.

Tuasikal Abua berjanji akan membiayai siswa-siswi tamatan SMA sederajat se-Malteng yang ingin melanjutkan pendidikan ke Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku. Sedangkan Ramly Umasugi menjanjikan membangun rusunawa dan membuka fakultas geologi di Universitas Iqra Buru.

“Jika ada siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Fakultas Kedokteran Unpatti maka biaya pendidikan akan saya tanggung hingga selesai,” kata Bupati Malteng dalam rilis Pemkab Malteng, Jumat (8/4).

Dia mengungkapkan, kondisi kesehatan masyarakat Malteng masih membutuhkan banyak dokter.

“Saya ingin kondisi kesehatan Maluku Tengah dari hari ke hari, bulan ke bulan dan tahun ke tahun makin membaik. Semua ini butuh proses dan langkah awal yang signifikan,” terangnya.

Dia pun mengundang siswa Malteng yang serius kuliah kedokteran di Unpatti datang ke Pendopo Kabupaten Malteng. “Silahkan datang, saya tunggu,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Buru Ramly Umasugi seperti dilansir rakyat maluku akan mengusahakan dibukanya Fakultas Geologi di Universitas Iqra Buru dan membangun rusunawa dengan kapasitas 100 kamar untuk mahasiswa yang kuliah di universitas tersebut.

“Saya akan mengupayakan meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Buru terutama Universitas Iqra Buru yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Kabupaten Buru dan sesuai dengan arahan dari Dirjen Dikti provinsi Maluku harus membuka fakultas Geologi untuk mempersiapkan Sumber Daya di bidang Geologi, karena Maluku memiliki banyak potensi yang berkaitan dengan jurusan Geologi,“ ujar Ramly Umasugi pelepasan mahasiswa KKN di kampus Uniqbu Selasa 5 April lalu.

Sedangkan untuk mahasiswa, tambah Ramly Umasugi, pemerintah daerah akan membangun Rusunawa yang diperuntukkan mahasiswa dengan kapasitas 100 kamar. Tujuannya agar mahasiswa yang berasal dari luar Namlea bisa tinggal di Rusunawa serta tidak perlu untuk kost agar lebih fokus untuk perkuliahan.

Diketahui, baik Tuasikal Abua dan Ramly Umasugi sudah menyatakan diri maju lagi di Pilkada 2017 sebagai incumbent. Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Buru, merupakan dua dari delapan kabupaten di Maluku yang ditetapkan sebagai daerah tertinggal. (baca: Incumbent Kabupaten Tertinggal di Provinsi Maluku). (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s