Mau Naik Status, RSUD dr Haulussy Cuma Punya 4 Dokter Umum


satumaluku.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haulussy Ambon saat ini sedang berbenah menyambut kenaikan status dari RS Tipe B menjadi Tipe B Pendidikan. Sebelumnya, pada 14 Desember 1994, RSUD dr Haulussy pernah naik tipe dari RS Tipe C ke Tipe B.

Direktur RSUD dr Haulussy, dr Justini Pawa kepada wartawan di Ambon, Selasa (12/4) mengatakan, RSUD dr Haulussy yang berdiri pada 3 Maret 1954, dengan nama Rumah Sakit Umum Ambon, pada 22 Februari 1979 mendapat akreditasi dan naik tingkat menjadi RS Tipe C.

”Dengan usaha dan kerja keras, akhirnya pada 19 Desember 1994, rumah sakit ini mendapat akreditasi B sekaligus mengganti nama menjadi RSUD dr Haulussy dan berada di bawah kendali Pemerintah Provinsi Maluku,” terangnya.

Ironisnya, meski akan dinaikan Tipe menjadi B Pendidikan, namun saat ini RSUD dr Haulussy sementara diperhadapkan dengan masalah krisis tenaga dokter umum. Pasalnya, rumah sakit yang memiliki 353 tempat tidur dan setiap harinya harus melayani ratusan pasien, saat ini hanya memiliki empat tenaga dokter umum.

Menurut Pawa, dari 14 orang dokter umum yang selama ini bertugas di RSUD dr Haulussy, 10 diantaranya sedang mengikuti pendidikan di luar daerah, sehingga hanya tersisa empat dokter. Ia akui, minimnya tenaga dokter umum tersebut, berdampak pada pelayanan kesehatan kepada para pasien.

Saat ini, RSUD dr Haulussy memiliki 56 tenaga dokter yang terdiri dari 30 dokter spesialis, 14 dokter umum dan 2 dokter gigi. Sedangkan tenaga bidan sebanyak 359 orang, tenaga medis lainnya berjumlah 130, tenaga penunjang kesehatan 7 dan tenaga lainnya 125 orang.

”Kedepannya, RSUD dr Haulussy akan terus berbenah dan menambah berbagai peralatan penunjang serta tenaga dokter tentunya,” demikian Pawa. (febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s