Pariwisata Harus Jadi Pilar Kedua Pembangunan Jangka Panjang di Maluku


JULIUS  R. LATUMAERISSA1

OLEH: JULIUS R. LATUMAERISSA
Dosen Fakultas Ekonomi Unitomo Surabaya.
Bidang Perencanaan Daerah dan Keuangan Publik

Maluku memiliki sumber daya alam (SDA) yang dapat dijadikan daya tarik wisata unggulan di berbagai daerah Kabupaten/Kota, sehingga jauh lebih baik dan memiliki peluang dan prospek yang besar untuk dikembangkan. Pengembangan industri wisata di Maluku harus dilakukan saat ini melalui suatu perencanaan yang sistimatis diikuti dengan ukuran-ukuran capaian yang jelas dan terukur sehingga kemudian industri wisata Maluku dapat dijadikan sebagai salah satu PILAR UTAMA untuk mendorong kemajuan perekonomian Maluku.

POTENSI WISATA PANTAI DI MALUKU

Dalam prediksi saya jika beberapa obyek wisata seperti: Wisata Pantai antara lain Pantai Ngurtavur berada di Pulau Waha, tepat di depan Pulau Warbal. Pantai ini paling unik di Indonesia dan mungkin di dunia.

Keunikan dari Pantai Ngurtavur ini adalah pantainya yang memanjang ke tengah laut sepanjang 2 kilometer (km). Bayangkan sebuah pantai memanjang sejauh 2 km ke tengah laut yang biru dan jernih, seolah-olah kita akan berjalan ke tengah laut. Sungguh menakjubkan.

Kepulauan Kei sendiri merupakan gugusan pulau yang terletak antara Laut Seram, Laut Banda, dan Laut Arafuru. Tak heran, perairannya sangat jernih dan kaya akan biota laut.

Kemudian, Pantai Pasir Panjang – Ngurbloat, Ohoi Ngilngof Maluku tenggara. Pantai Pasir Panjang merupakan salah satu obyek wisata pantai andalan Kabupaten Maluku Tenggara yang konon katanya terindah dunia dengan pasir putih yang sangat halus.

Dalam bahasa Kei (Suku yang mendiami Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual) pantai ini dikenal dengan nama Ngurbloat yang artinya pasir panjang. Berdasarkan informasi yang ada kondisi terumbu karang di lokasi ini dikategorikan dalam kondisi Sedang, dimana persentase karang hidupnya sebesar 45% yang didominasi oleh jenis karang bercabang dan karang massif.

Adapun persentase karang yang telah mati sebesar 3%, karang mati yang telah ditumbuhi alga sebesar 10%, sedangkan persentase patahan karang sebesar 20%, hal ini mengindikasikan bahwa pada lokasi ini pernah ada kegiatan pengeboman terumbu karang. Pantai Ngurbloat berjarak 17 km dari Langgur ibukota Kab Maluku Tenggara, dapat ditempuh sekitar 15 menit dari bandara Dumatubun ke arah barat, tepatnya terletak di desa Ngilngof. Pantai ini memiliki panjang 3 km yang membentang dari selatan ke arah utara dengan deretan pohon kelapa.

Berikutnya, Pulau Bair adalah sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual – Maluku Tenggara – Kepulauan Kei. Pulau Kei terbagi lagi menjadi beberapa pulau – pulau kecil yang cantik, salah satunya yaitu Pulau Bair ini. Pulau yang kalau di lihat sepintas mirip dengan mini Raja Ampat.

Pulau Bair mempunyai keindahan dan daya tarik yang berbeda dengan pulau–pulau lainnya yang berada di Provinsi Maluku. Pulau ini memiliki dua teluk yang saling berhadap–hadapan, dengan air lautnya yang berwarna hijau dan sangat tenang dan jernih. Bahkan bisa melihat secara langsung taman bawah lautnya.

Keunikan lain dari pulau ini yaitu jika air laut sedang surut dapat menemukan beberapa pantai yang bisa dikunjungi. Tak hanya itu, di pulau ini juga terdapat vegetasi mangrove dan tebing batu yang mirip dengan Raja Ampat namun dalam skala kecil. JUga bisa snorkeling, berenang, bermain air, dan berselfi ria. Bagi pecinta Fotografi pulau sangat cocok dan menarik, karena hasilnya tidak akan mengecewakan.

Satu lagi, Pantai Ora adalah sebuah tempat wisata pantai yang berada di pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku.

Ora Beach terletak di desa saleman, Kecamatan seram utara, Maluku Tengah Provinsi Maluku. Inilah salah satu surga dunia yang terletak di indonesia timur, Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan suasana yang damai dengan pemandangan alam (khususnya pantai) yang sangat indah, Pantai ora memang sangat menawarkan keindahan alam yang tiada duanya.

Di pantai ini terdapat sebuah resort bernama Ora Beach Resort yang memiliki 8 buah cottage dan semuanya terbuat dari kayu beratap jerami. Istimewanya dari resort ini adalah latar belakang cottage yang merupakan perbukitan Taman Nasional Manusela. Perpaduan cottage kayu yang berdiri di atas air jernih berwarna hijau kebiruan dan latar belakang perbukitan hijau menjadikan pemandangan di pantai ora begitu fantastis.

Pesona lain dari pantai ini adalah kehidupan biota lautnya, Terumbu karang atau koral di pantai ini beraneka ragam dan berwarna warni begitu juga dengan ikannya, Karena airnya yang begitu jernih, Koral dan ikan-ikan yang sedang berenang kian kemari bisa bisa dilihat langsung dari atas perahu, Sungguh menakjubkan.

Disamping itu ada banyak Pantai lain di Maluku yang menjanjikan pesona wisata yang beraneka ragam seperti Pantai Uhum Negeri Purpura Kisar dan Danau Tihu, Negeri Ilwaki Pulau Wetar di Maluku Barat Daya (MBD), Pantai Waisisil di Saparua, Pantai Hukurila di Negeri Hukurila Kota Ambon, Pantai Hunimua di Negeri Liang Ambon, Pantai Natsepa di Negeri Suli Ambon, Pintu Kota di Negeri Latuhalat Ambon,

POTENSI WISATA SEJARAH DAN BUDAYA MALUKU

Maluku memiliki banyak obyek wisata sejarah yang belum ditangani secara profesional. Banyak sekali obyek wisata sejarah peninggalan penjajahan Belanda dan Portugi yang ada di Maluku.

Wisata sejarah seperti Benteng Belgica yang dibangun oleh bangsa Portugis pada abad 16 dan juga Benteng Nassau di Pulau Banda Neira, Maluku. Benteng Belgica merupakan benteng yang menyimpan sejuta cerita awal kedatangan kaum VOC, yang seakan-akan mengajak Anda kembali ke abad ke 16 pada saat Anda berkunjung kesini.

Benteng ini terletak di Pulau Neira, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Benteng ini berumur sekitar 400 tahunan, namun masih sangat terawat dengan baik. Tidak ada coret-coretan grafiti di dindingnya, seperti yang terjadi pada bangunan sejarah lainnya yang berada di Indonesia.

Jika dilihat dari luar, benteng yang dibangun pada tahun 1611 ini tampak seperti bangunan Pentagon di Washington DC, Amerika Serikat. Bahkan benteng ini diberi julukan sebagai The Pentagon Indonesia.

Benteng ini juga merupakan bekas markas alun-alun VOC, maka desain arsitektur bangunannya berbentuk pentagonal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s