Kasus DBD Meningkat, Sudah 5 Warga Ambon Meninggal


satumaluku.- Sejak Januari hingga April 2106, tercatat sudah lima warga Kota Ambon yang meninggal dunia akibat menderita Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kasus ini meningkat 100 persen dibandingkan tahun 2015 lalu. Menurut data pada Dinas Kesehatan Kota Ambon, hingga akhir tahun 2015 lalu, penderita DBD berjumlah 25 orang. Namun, pada tahun 2016 ini, baru memasuki bulan April tercatat sudah ada 49 kasus dengan kematian sebanyak lima orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr Theresye Torry Rabu (13/4) menjelaskan, jumlah pasien DBD terus meningkat akibat anomali cuaca dan juga faktor kebersihan lingkungan yang kurang terjaga.

Ia membenarkan bahwa dari 49 kasus DBD yang terdata di Kota Ambon, 5 pasien diantaranya meninggal dunia, sementara sisanya dirawat pada berbagai rumah sakit yang ada di Ambon.

‘’Ini data yang kami terima dari rumah-rumah sakit yang ada. Memang tahun ini jumlahnya meningkat tajam hampir 100 persen dibandingkan tahun lalu. Padahal,
tahun ini baru berjalan empat bulan,’’ ujarnya.

Untuk mencegah penyebaran virus DBD ini, pihaknya terus melakukan upaya fogging atau pengasapan pada daerah-daerah yang terindikasi sebagai sarang nyamuk aedes aegypty. ‘’Fogging terus kami lakukan. Kemarin baru di Hutumuri. Halong dan wilayah lain sudah kami lakukan bulan lalu,’’ katanya.

Ia juga meminta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, sehingga nyamuk tidak bersarang dan kemudian menyebarkan virus ke masyarakat.

‘’Pola hidup sehat dengan lingkungan bersih sangat kami harapkan untuk selalu diperhatikan oleh masyarakat. Air di bak dan tong sebaiknya dikuras tiga hari sekali, sebab biasanya nyamuk ini bersarang pada air-air bersih,’’ harapnya. (febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s