“Mangente Ambon” Antar Richard Louhenapessy Raih Government Award 2016


satumaluku.com- Keberhasilan Program Mangente Ambon 2015 menjadi faktor utama terpilihnya Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy meraih Government Award 2016.

Direktur Utama SINDO Weekly Sururi Alfaruq mengatakan, kerja keras pemerintah Kota Ambon di bawah komando Richard Louhenapessy dinilai sangat berhasil. Terutama dengan program Mangente Ambon 2015, yang telah berhasil mengangkat citra Kota Ambon sebagai daerah tujuan wisata.

“Kami apresiasi keberhasilan Wali Kota Ambon. Semoga Ambon semakin maju dan menjadi kota yang dinamis,” kata Sururi Alfaruq kepada satumaluku.com di Jakarta, Selasa (13/4/2016).

Menurut Sururi, penghargaan Government Award merupakan inisiatif dari SINDO Weekly sebagai apresiasi atas kinerja para kepala daerah. Untuk Kota Ambon sendiri, penilaian dilakukan sepanjang Tahun 2015 lalu, dengan mengikuti secara seksama dinamika yang terjadi di tingkat lokal dan nasional.

“Dari hasil kajian kami, Kota Ambon sangat dinamis seiring dengan program Mangente Ambon 2015,” timpalnya.

Penyerahan Government Award 2016 telah dilaksanakan pada Selasa malam (12/4/2016) di Ballroom Hotel Grand Sahid, Jakarta. Wali Kota Ambon menerima penghargaan bersama 15 wali kota lainnya, 17 bupati dan lima gubernur. Penyerahan award dilakukan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Jalil. Kota Ambon sendiri memenangkan kategori Pariwisata.

Dalam acara tersebut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Sofyan Djalil meminta agar kepala daerah terus berinovasi dan berprestasi di berbagai bidang.

Menurutnya, kepemimpinan kepala daerah sekarang merupakan buah demokrasi. ”Dengan demokrasi ada sirkulasi kepemimpinan. Ide-ide yang bagus lahir di daerah,” ujarnya.

Sofyan berharap pemberian Government Award 2016 dapat memacu kerja kepala daerah lebih baik lagi di masa akan datang. ”Ini akan jadi contoh sehingga makin banyak bupati/wali kota berprestasi, masyarakat menghargai dan warga terhormat. Dengan kerja keras kita Indonesia akan jadi bangsa besar,” kata Sofyan.

SINDO WEEKLY Government Award digelar untuk ketiga kalinya. Penghargaan kali ini merupakan apresiasi majalah SINDO WEEKLY yang memasuki usia keempat. Terdapat 36 daerah yang menyabet penghargaan.

Di Kelompok Kabupaten, terdapat 17 daerah yang menerima penghargaan di 17 kategori berbeda. Di kategori pendidikan diberikan kepada Kabupaten Mentawai, kesehatan diberikan kepada Kabupaten Bantaeng, bidang Infrastuktur diberikan kepada Hulu Sungai Utara dan Ekonomi kreatif diberikan kepada Kabupaten Gianyar.

Untuk bidang peduli lingkungan jatuh kepada Kabupaten Kupang, bidang investasi diberikan kepada Kabupaten Lahat, bidang layanan publik kepada Kabupaten Penajam Paser Utara. Dalam bidang pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, pembangunan kependudukan diberikankepada Kabupaten Jayapura, dan bidang tata kelola pemerintahan diberikan kepada kabupaten Tabanan.

Kemudian, bidang kreativitas peningkatan PAD diberikan Kabupaten Pelalawan, Ketahanan pangan diterima Kabupaten Kepulauan Meranti, dan pertumbuhan ekonomi diberikan kepada Kabupaten Banyuwangi.

Dalam bidang UMKM dan koperasi diberikan kepada Kabupaten Pati, Keterbukaan informasi publik kepada Kabupaten Batang, Tata kota/tata wilayah diberikan kepada kabupaten Tangerang, dan Budaya kepada Kabupaten Purwakarta.

Dalam Kelompok Kota terdapat 15 daerah yang menerima penghargaan. Bidang pendidikan diberikan kepada Kota Gorontalo, kesehatan diterima Kota Payakumbuh dan bidang infrastruktur diterima Kota Makassar. Bidang ekonomi kreatif diterima Kota Sawahlunto, bidang peduli lingkungan diterima Kota Kendari dan bidang investasi diterima Kota Pekanbaru.

Bidang layanan publik diberikan kepada Kota Pontianak, bidang pariwisata diterima Kota Ambon, bidang pembangunan kependudukan diterima Kota Solo dan bidang tata kelola pemerintahan diberikan kepada Kota Jambi. Untuk bidang pertumbuhan ekonomi diterima Kota Tangerang, bidang UMKM dan koperasi diterima Kota Yogyakarta, bidang Keterbukaan Informasi pubik diterima Kota Malang, dan untuk tata kota/wilayah diterima Kota Padang, serta dalam bidang budaya diterima Kota Singkawang.

Dalam kelompok provinsi terdapat lima daerah yang menerima penghargaan. Di antaranya dalam bidang pertumbuhan ekonomi diraih Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), bidang infrastruktur diterima oleh Provinsi Kalimantan Utara, Kategori Pariwisata diterima oleh Jawa Barat, dan untuk bidang kebudayaan diterima Provinsi Banten.

Terakhir dalam bidang jaminan sosial diterima Provinsi Aceh. Sedangkan penghargaan Kepala Daerah Inspiratif diterima empat kepala daerah, yakni Pelaksana tugas (Plt) Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT, dan Wali Kota Bandung. (suripatty aldi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s