Sudah 3 Minggu, Satu Pembunuh Mahasiswa Maluku di Malang Belum Tertangkap


satumaluku.com- Tiga minggu sejak pembunuhan mahasiswa asal Maluku di Malang, Nasehan Leplepem atau Moger (22), polisi belum juga berhasil menangkap satu tersangka pembunuh asal Sumba, NTT.

Sementara tiga tersangka pembunuh lainnya masih ditahan sambil menunggu proses hukum selanjutnya.

Para mahasiswa asal Sumba yang membunuh Moger adalah PPR alias Paul (25), AU alias Anjes (19), dan JW alias Erik (21). Sedangkan tersangka yang masih buron itu berinisial D (21).

Menurut Kasatreskrim Polres Malang Kota, AKP Tatang Panjaitan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan jajaran Polres Sumba, NTT untuk melacak keberadaan D. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga dan kampus agar membantu menemukan tersangka secepatnya.

Para pelaku, kata Tatang, ditangkap di kawasan Mangliawan, Pakis, Kabupaten Malang, beberapa jam setelah kejadian. Saat itu tersangka D berhasil meloloskan diri.

Mengenai peran mereka dalam pembunuhan Moger, dijelaskan, ketiga yang kini dalam proses hukum memiliki andil dan peran masing-masing atas peristiwa tersebut.

Diterangkan, awalnya Paul menangkap dan memegangi korban agar tidak lari. Pada saat yang bersamaan, datang Anjes yang kontan menghantankam sebuah bongkahan batu ke arah kepala korban dengan batu.

“Selanjutnya, Erick datang membacok korban dengan parang dan dibantu D yang saat ini DPO. D memukulkan kayu dengan paku yang mencuat ke arah tubuh korban. Pada saat itu, korban tidak melakukan perlawanan sama sekali,” terang Tatang, dalam gelar kasus di Mapolresta Malang Kota, Senin (11/4/2016) dilansir beritajatim.com.

Setelah kejadian, ketiga tersangka mengaku kembali ke kos mereka. Diketahui, keempat tersangka merupakan kawan satu kos. Keempat tersangka juga sedang dalam pengaruh minuman keras saat ditangkap.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nasehan Leplepem atau Moger (22) mahasiswa STIMIK Asia asal Maluku, tewas setelah dikeroyok kelompok mahasiswa asal Sumba di kampus Universitas Wisnuwardhana, Kecamatan Kedungkandang, Malang, Minggu (20/3) dini hari.

Saat itu, korban berada di kampus tersebut menghadiri acara pelantikan Pengurus Komunitas Mahasiswa Maluku (KMMU) di Universitas Wisnuwardhana, Sabtu (19/3/2016). (baca: Mahasiswa asal Maluku Tewas Dikeroyok Mahasiswa Sumba NTT di Malang).

Tatang menambahkan ketika peristiwa pembunuhan terjadi, pelaku dalam pengaruh minuman keras. Pelaku ada masalah karena ditegur tidak menggunakan pakaian rapih. “Merasa tidak terima, pelaku menyerang orang yang ada di acara di Kampus Wisnuwardhana,” katanya.

Akibat perbuatannya, ketiga tersangka dijerat dengan pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. (ald)

6 thoughts on “Sudah 3 Minggu, Satu Pembunuh Mahasiswa Maluku di Malang Belum Tertangkap

  1. Kamong mahasiswa maluku d malang i2 ada bwat apa????…
    Kamong seng tau… bahwa senior2 mahasiswa malang yg asal sumba i2, ada sembunyi dng pung pelaku2 penggeroyokan k…
    Kamong mahasiswa maluku dapa parlente paling gampang…

    Like

  2. Anak2 maluku cumn brani gongong sja seng bisa gigit mana kamong pun semboyang maluku satudara ? Satu dara tidak mo banyak dara we anak2 malang jg bicara kamong pun jago karna kamong it semua sama panako. Nanti orang sumba bunu kamong semua di malang it fak par kamong maluku di malang..

    Like

  3. Kita sesama dri timur tpi bknx kita bersatu malah kita saling menumpakan darah, smua itu krn minuman keras, dgn gini org lain akan menertawai kita semua dari timur. Jdi kita slsaikan ini scra hukum apalagi kuasah hukum sda menengani masalah ini. Smuac kita slsaikan aj scra hukum jgn ad lagi kata pertumpahan dara.

    Like

  4. Penegak hukum pasti bisa menyelesaikan masalah ini,jadi kita serahkan saja pada penegak hukum,agar jangan menjadi masalah baru lagi,kalian datang di malang kan untuk kuliah,kalau sampe masuk penjara orang tua kalian juga akan sedih,,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s