Setelah Staf Ahlinya Diperiksa KPK, Kini Giliran Michael Wattimena


satumaluku.com- Ibarat bola salju, kasus suap proyek jalan Trans Seram menggelinding dan menggeret sejumlah oknum diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tidak terkecuali, politisi Partai Demokrat asal Maluku Michael Wattimena yang menjabat Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

Michael menjalani pemeriksaan di KPK, pada Rabu (13/4/2016) dalam kapasitas sebagai saksi atas tersangka anggota DPR nonaktif Damayanti Wisnu Putranti.

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati menjelaskan pemeriksaan Wattimena untuk mengembangkan kasus yang sedang ditangani KPK. Termasuk menelisik siapa saja yang menerima uang dari Dirut PT Windhu Tunggal Utama, Abdul Khoir.

“Kita memang sedang melakukan pendalaman-pendalaman lebih lanjut, karena itu kita melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR Komisi V itu (Michael Wattimena),” kata Yuyuk di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/4) dilansir metrotvnews.com.

Nama Michael Wattimena terseret dalam kasus suap proyek jalan Trans Seram karena diungkap oleh Damayanti Wisnu Putranti. Saat menjalani pemeriksaan di KPK 29 Januari lalu. Damayanti membenarkan adanya kunjungan kerja (kunker) ke Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IX di Maluku. Kunker bersama komisinya itu adalah terkait proyek jalan di Maluku.

Menurutnya, ada 20 anggota Komisi V DPR yang ikut dalam kunker, salah satunya adalah Wakil Ketua Komisi V DPR Fraksi Demokrat, Michael Wattimena.

“Iya (Michael Wattimena) ada,” ungkap Damayanti usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jumat (29/1/2016) petang. (baca: Nama Michael Wattimena Mulai Dikaitkan Kasus Suap Proyek Jalan di Maluku)

Sebelum Michael diperiksa Rabu, staf Ahli Michael Wattimena di DPR, Ir. Izaac Julius Ruryana telah diperiksa juga oleh KPKpada 22 Maret lalu. Menurut Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha pemeriksaan terkait pertemuan yang dilakukan untuk membahas anggaran proyek tersebut karena ada yang formal dan informal.

Selain Michael, KPK juga memeriksa dua orang lain untuk tersangka Damayanti. Mereka adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Miftachul Munir dan pihak swasta, Rieza Setiawan. KPK juga sudah memeriksa Wakil Ketua Komisi V lainnya, Yudi Widiana, Senin 12 April.

KPK sudah menetapkan lima tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah Damayanti Wisnu Putranti dari Fraksi PDIP dan Budi Supriyanto dari Fraksi Golkar. Damayanti diduga menerima SGD33.000 pada saat Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Sementara Budi diduga telah menerima uang sekira SGD305.000.

Ketiga tersangka lainnya yakni Direktur PT Windu Tunggal Utama, Abdul Khoir serta dua rekan Damayanti, Dessy A. Edwin serta Julia Prasetyarini. Baru Abdul Khoir yang telah disidangkan. Dia didakwa memberi suap kepada pejabat di Kementerian PUPR dan sejumlah Anggota Komisi V.

Total uang suap yang diberikan Abdul sebesar Rp21,38 miliar, SGD1.674.039 dan USD72.727. Suap diberikan oleh Abdul bersama-sama dengan Komisaris PT Cahaya Mas Perkasa, So Kok Seng alias Aseng dan Direktur PT Sharleen Raya (JECO Group), Hong Arta John Alfred. (avp)

5 thoughts on “Setelah Staf Ahlinya Diperiksa KPK, Kini Giliran Michael Wattimena

  1. Redaksi SatuMaluku.com yth.
    Berita yang disajikan dalam web ini bersumber dari liputan langsung awak media atau press release KPK? Mohon redaksi berati-hati dan cermat dalam mengutip/ menyunting/ menyajikan berita (termasuk foto yang relevan) agar tidak menimbulkan opini “miring” dari pembaca. Kami telah membentuk Tim Sweeping untuk memonitor pemberitaan media/ media online yang tidak faktual (mengandung unsur pembohongan publik) untuk selanjutnya melakukan perlawanan hukum, teknologi, maupun moral terhadap semua entitas yang melakukan pemiskinan opini.

    Salam hangat !
    Ir Izaac JR (TAA DPR RI)

    Like

  2. haha ….hihi….anda kalau baca berita maka sudah sesuai dengan kode etik journalistik,dan UU PERS. silahkan anda lacak apakah isi berita sesuaidengan KEJ.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s