20 Dosen Unpatti Sudah Jalani Diklat Migas untuk Blok Masela


satumaluku.com- Puluhan dosen Universitas Pattimura Ambon telah memulai pendidikan dan latihan (Dklat) teknis Bidang Minyak dan Gas Bumi di Pusdiklat Migas, Cepu.

Pembukaan acara diklat dilakukan Menteri ESDM, Sudirman Said, pada Selasa (12/04/2016) di Aula Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian ESDM. Pembukaan ini dihadiri Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Prof Nus Sapteno, Staf Ahli Gubernur Maluku, Bupati Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya serta Pejabat Eselon 1 dan 2 di lingkungan Kementerian ESDM.

Siaran pers Pusdiklat Migas Cepu merilis, Diklat yang pertama dari 7 rangkaian diklat masyarakat peruntukan blok Masela di tahun 2016 ini dikhususkan bagi dosen-dosen Unpatti Ambon. Tujuan mendidik para dosen adalah agar mampu melaksanakan transfer knowledge bidang teknologi pengolahan migas kepada mahasiswa dan masyarakat Maluku pada umumnya.

Diklat terhadap 20 peserta dan diagendakan mulai 13 April sampai dengan 26 Mei 2016 atau selama 30 hari kerja dengan mengampu 240 JP. Terdiri dari 160 jam teori dan 80 jam praktek. Tenaga pengajar berasal dari pejabat fungsional widyaiswara dan instruktur Pusdiklat Migas juga dosen Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM).

Dalam sambutannya, Sudirman Said mengatakan bahwa urusan pembangunan penting di wilayah timur sedang dimulai. Tak hanya melalui diklat ini namun kedepan UNPATTI bersama ‘tim’ di Maluku harus menjadi pendorong atau penghelat lokomotif baru bagi pengembangan di wilayah timur.

“Masa polemik telah selesai, sekarang masa untuk bekerja secara professional dan mempola pikirkan secara cerdas,” ujarnya. “Ini adalah triger saja dari proses pengembangan kapasitas yang mungkin akan dikelola terus kedepan, bukan saja di bidang migas namun ‘Timur’ akan lebih potensial dikembangkan dalam hal energy baru terbarukan” lanjutnya.

Selain arahan Presiden Joko Widodo yang meminta proyek pembangunan kilang gas bumi cair (liquefied natural gas/LNG) di blok Masela menggunakan tenaga kerja dari Maluku, diklat ini adalah perwujudan Peraturan Menteri ESDM nomor 36 tahun 2015 tentang Bantuan Pendidikan dan Pelatihan serta Beasiswa Bidang Energi dan Sumber daya Mineral. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s