Telkomsel 4G LTE Hadir, Warga Ambon Bisa Berinternet dengan Kecepatan Tinggi


satumaluku.com- Telkomsel resmi meluncurkan teknologi terbarunya di Kota Ambon, yakni Telkomsel 4G LTE, yang memungkinkan para pelanggan bisa memperoleh koneksi internet dengan kecepatan tinggi, mencapai 70 MBPS.

Peluncuran 4G LTE berlangsung Sabtu (16/4) di Maluku City Mall (MCM), oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy bersama Manager Telkomsel Branch Ambon Joseph Velano Dangeubun dan Manager Network L. Ramadhan.

Kepada wartawan pada sesi jumpa pers, Joseph Dangeubun mengakui bahwa peluncuran 4G LTE ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Telkomsel Ambon, karena Ambon merupakan salah satu dari 100 kota di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi 4G LTE.

Menurutnya, untuk wilayah Maluku memang baru Kota Ambon saja yang bisa menikmati layanan 4G LTE dan itu pun belum di semua area. Kendati demikian, ia optimis dalam waktu dekat semua wilayah di Kota Ambon akan bisa menikmati layanan 4G LTE karena Telkomsel terus melakukan perluasan area.

“Untuk Maluku memang hanya masih di Ambon dengan 32 BTS, di dalam kota, area bandara, Kudamati, Galunggung dan beberapa lokasi di dalam kota. Kalau untuk wilayah Halong, Latta, belum bisa, tapi progresnya terus kita lakukan dan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dinikmati di seluruh wilayah Kota Ambon,” katanya.

Menurut Dangeubun, koneksi dengan 4G LTE akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan 3G karena bisa mencapai 70 MBPS, sedangkan 3G kecepatan maksimalnya hanya 15-20 MBPS.

Sementara itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy memberikan apresiasi kepada Telkomsel yang telah mampu menghadirkan teknologi 4G LTE di Kota Ambon. “Terima kasih karena Ambon menjadi salah satu kota yang terpilih untuk diluncurkan 4G LTE,” tandasnya.

Menurut Walikota, saat ini sudah menjadi era digitalisasi, sehingga kegiatan yang sifatnya manual secara perlahan akan ditinggalkan. Dikatakan, komunikasi merupakan sarana kata kunci utama yang sangat luar biasa, karena itu kemajuan telekomunikasi merupakan kebutuhan yang sangat utama.

“Kita tidak mungkin menghindari diri dari perubahan dan kemajuan teknologi dibidang telekomunikasi. Kalau hari ini kita launching 4G LTE Telkomsel, saya kira ini sebuah langkah yang sangat tepat bagi masyatakat di kota ini,” katanya.

Menurutnya lagi, dengan kemajuan teknologi saat ini membuat informasi sangat cepat tiba di masyarakat. “Apa yang terjadi di Jakarta atau bahkan di Eropa maupun Amerika, dalam hitungan detik kita di Ambon bisa langsung tahu. Dengan sistem yang lama saja bekerja cepat apalagi dengan 4G LTE. Tentunya dengan teknologi yang begini canggih, tidak ada lagi alasan bahwa kita harus ketinggalan,” ujarnya.

Karenanya, Walikota mengajak masyarakat untuk bisa memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia saat ini dengan sebaik-baiknya.Melalui teknologi ini, Walikota akui bisa membantu Pemerintah Kota Ambon dalam melaksanakan berbagai program kerjanya, termasuk untuk mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki, seperti bidang pariwisata.

“Pemerintah Kota Ambon baru saja menerima government award untuk 15 kota yang memiliki prospek pariwisata luar biasa kedepan. Kalau dengan teknologi ini bisa kita promosikan dengan baik, pasti akan bawa dampak yang luar biasa. Kalau pariwisata berkembang, akan bawa dampak multidimensi bagi semua aspek,” jelasnya.

Dalam kesempatan peluncuran tersebut, Telkomsel juga menyerahkan bantuan Router 4G LTE kepada tiga sekolah di Kota Ambon, yakni SMP Negeri 4, SMP Negeri 2 dan
SMA Negeri 13. (febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s