Manfaatkan Kesempatan Kuliah di STIS, Lulusan D3 Penempatan di Maluku


satumaluku.com- Salah satu sekolah kedinasan yang bisa dimanfaatkan oleh lulusan SMA atau sederajat adalah Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS). Lulusan Diploma III (D3) Statistika STIS akan ditempatkan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan di sejumlah wilayah Timur Indonesia, termasuk Maluku.

Siaran Pers STIS menjelaskan, STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi institusi pendidikan yang berkualitas dan unggul di bidang statistik.

Pada tahun akademik 2016/2017, STIS menyelenggarakan program studi Diploma III (D-III) Statistika, Diploma IV (D-IV) Statistika, dan Diploma IV (D-IV) Komputasi Statistik.

Program studi D-III ditempuh selama 3 tahun. Lulusan program studi D-III STIS mendapat sebutan Ahli Madya Statistika (A. Md. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) di lokasi tertentu di Indonesia (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua).

Program Studi D-IV ditempuh selama 4 tahun. Lulusan program studi D-IV STIS mendapat sebutan Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor BPS seluruh Indonesia.

STIS akan menerima sebanyak 100 orang untuk program studi D-III dan 400 orang untuk program studi D-IV. Status mahasiswa STIS terbagi menjadi dua, yaitu Ikatan Dinas dan Tugas Belajar.

Ikatan Dinas. Mahasiswa Ikatan Dinas merupakan lulusan SMA/MA yang setelah lulus pendidikan di STIS akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dan selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota.

Lulusan STIS dengan status ikatan dinas wajib menjalani ikatan dinas dengan BPS sesuai dengan penempatannya selama dua kali masa pendidikan secara berturut-turut.

Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan mendapat tunjangan ikatan dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Untuk memulai pendaftaran, kunjungi Aplikasi SPMB STIS. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s