Sejumlah Operator Tawarkan Aplikasi Untuk Ambon Smart City


satumaluku.com- Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, Smart City kini menjadi sebuah kebutuhan di kota-kota maju, tak terkecuali Kota Ambon.

Dan untuk mendukung Ambon menuju Smart City, menurut Walikota, ada sejumlah operator yang telah menawarkan atau mengajukan rencana aplikasi mereka kepada Pemerintah Kota Ambon.

Hal ini disampaikan Walikota disela-sela peluncuran Telkomsel 4G LTE di Maluku City Mall (MCM), Sabtu (16/4).

Terkait hal tersebut, menurut Walikota saat ini Pemerintah Kota Ambon sedang melakukan studi melalui Kantor Data dan Elektronik. ”Kita sementara kaji beberapa aplikasi yang sementara ditawarkan oleh beberapa operator dan kita berharap dalam waktu dekat setelah mereka presentasi, kita lihat bagaimana relevansinya dengan kepentingan Pemerintah Kota Ambon,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga akan upayakan sehingga seluruh wilayah di Kota Ambon bisa mengakses internet secara gratis melalui fasilitas Wi-Fi. ”Sekarang hanya ada beberapa spot saja yang kita berikan layanan gratis, dan itu butuhkan investasi. Tetapi, Smart City sudah menjadi kebutuhan kita yang mendesak, karena kalau tidak, kita akan tertinggal dengan kota-kota lain di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Walikota, peningkatan pelayanan publik juga merupakan salah satu bagian dari Smart City. Karenanya, pola pendekatan yang sangat efektif untuk peningkatan pelayanan publik antara lain, dengan meningkatkan pelayanan lewat jalur Telkomsel seperti menggunakan layanan 4G LTE yang baru saja diluncurkan. Kedepan, lanjutnya, pemerintah juga akan mendorong sistem perijinan secara online, sehingga mengurangi transaksi tatap muka, termasuk pengaduan masyarakat secara online.

Sementara itu, Manager Telkomsel Branch Ambon, Joseph Dangeubun dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa Telkomsel sangat membuka diri untuk ikut mendukung program Smart City yang dilaksanakan oleh pemerintah.

”Ini adalah bagian dari sinergi yang harus dilakukan, dan menjadi tanggungjawab semua stakeholder untuk bersinergi dan bisa memberikan pertumbuhan dengan kehadirannya. Kami sangat mendukung semua program pemerintah daerah. Kami juga berharap, dengan kehadiran 4G LTE, Telkomsel bisa 100 persen memberikan dukungan penuh terhadap program pemerintah kota,” katanya. (febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s