27 April Mendatang, Wings Air Akan Layani Rute Ambon-Dobo


satumaluku.com- Ada kabar menyenangkan bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. Kabid Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Maluku, Jhon Rante mengatakan, Manajemen Wings Air siap membuka rute penerbangan Ambon – Bandara Rar Gwamar, Dobo, ibu kota Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku pada 27 April 2016.

“Rute penerbangannya Ambon – Dobo, selanjutnya ke Ambon dengan transit di Bandara Karel Sadsuitubun, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara,” ujarnya, Senin (18/4/2016) dilansir Antara.

Pihak manajemen Wings Air saat ini telah melakukan promosi penjualan tiket. “Ambang batas tiket terendah adalah Rp589.000 dan tertinggi Rp1,8 juta/penumpang,” kata Jhon.

Dia mengemukakan, pengoperasian pesawat Wings Air setelah tim manajemen maspakai penerbangan ini melakukan tes pendaratan di Bandara Rar Gwamar pada 30 Maret 2016. “Berdasarkan pengkajian tim manajemen Wings Air, maka diputuskan Bandara Rar Gwamar layak diterbangi komersial,” tandas Jhon.

Tes pendaratan dipimpin Manager Operasi Wings Air, Capt. Reddy Irawan yang menjadi pilot pesawat mendarat di Bandara Rar Gwamar. berada di kawasan fasilitas penerbangan tersebut. “Capt.Reddy menyampaikan tidak ada masalah lagi untuk pengoperasian pesawat Wings Air ke maupun dari Bandara Rar Gwamar setelah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Begitu pun, landasan pacu sepanjang 300 meter yang sempat mengalami keretakan telah diperbaiki dan pada akhir Desember 2015 telah dievaluasi tim teknis maupun keselamatan Kementerian Perhubungan. “Jadi soal landasan pacu sepanjang 1.300 meter dan lebar 23 meter bukan menjadi masalah bagi manajemen Wings Air mengoperasikan pesawatnya, baik ke maupun dari Dobo,” tegas Jhon.

Hal yang dibutuhkan saat ini adalah ketersediaan avtur oleh PT.Pertamina sehingga memungkinan penerbangan langsung Ambon – Dobo pergi pulang (PP). Selama ini penerbangan Ambon – Dobo PP harus transit di Bandara Karel Sadsuitubun, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara.

Sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Aru, Muin Solgarey menyatakan kepemimpinannya bersama Bupati, Johan Gonga memprioritaskan pengembangan bandara Rar Gwamar, agar terjamin kelancaran aktivitas penerbangan.

“Kami memang baru dilantik Gubernur Maluku, Said Assagaff pada 17 Februari 2016. Namun, pengembangan bandara Rar Gwamar yang dirintis Penjabat Bupati, Angelius Renjaan perlu dilanjutkan karena strategis bagi program pemerintahan, pembangunan dan pelayanan sosial di Kepulauan Aru,” katanya..

“Kami menghadiri pelantikkan di Ambon memanfaatkan jasa penyeberangan feri Dobo – Tual, dengan kondisi laut tidak bersahabat, bahkan nyaris tenggelan saat itu. Dari Tual ke Bandara Karel Sadsuitubun, Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara., selanjutnya terbang ke Ambon,` ujar Muin.

Karena itu, bisa membayangkan membutuhkan anggaran, waktu dan tenaga untuk ke Ambon maupun balik ke Dobo sehingga memandang perlu memprioritaskan pengembangan bandara Rar Gwamar.

“Jadi dana yang dialokasikan Penjabat Bupati Kepulauan Aru, Angelius Renjaan dengan persetujuan DPRD setempat melalui APBN 2016 senilai Rp20 miliar itu ditindaklanjuti agar aktivitas penerbangan bisa kembali normal,” kata Muin. (*/ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s