Angkot Mulai Dilarang Melintasi JMP Galala-Poka


satumaluku.com- Pemerintah Kota Ambon melarang angkutan kota dan angkutan kota dalam provinsi melintasi Jembatan Merah Putih (JMP) Galala-Poka.

“Mulai hari ini kita menerapkan kebijakan larangan bagi angkot dan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) melintasi JMP, terkecuali membawa penumpang yang sakit,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Pieter Saimima di Ambon, Maluku, Senin.

Menurut dia, kebijakan tersebut ditempuh setelah dilakukan rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Ditlantas Polda dan Satlantas Polres Ambon

“Hasil rapat koordinasi disepakati bersama bahwa angkot maupun AKDP tidak diperbolehkan melintas di JMP dan akan diindaklanjuti dengan penempatan petugas di kawasan Hative kecil dan Poka,” katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada pengemudi angkot dan AKDP selama satu pekan dan akan ditindaklanjuti dengan tilang di tempat.

“Setelah sosialisasi jika ada angkot yang melintasi JMP akan dilakukan tilang di tempat, agar tidak ada lagi angkutan yang memotong jalur trayek yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Selama ini pemerintah belum menertibkan trayek angkot yang melintasi JMP, tetapi kebijakan yang ditetapkan dapat ditaati oleh para pengemudi.

Masyarakat juga diminta mengawasi lalu lintas di atas JMP Galala-Poka. Jika kedapatan angkot dan AKDP yang melanggar ketentuan diminta untuk dicatat nomor plat serta dokumentasi kendaran untuk ditindak sesuai aturan yang berlaku.

“Kami sangat mengharapkan dukungan masyarakat untuk mengawasi angkot yang melewati JMP dengan melaporkan ke petugas, selanjutnya akan dilakukan tilang dan jika lebih dari sekali kedapatan, maka izin trayek bisa dibekukan oleh pemerintah sebagai efek jera bagi kendaraan yang lain,” katanya.

Pieter menambahkan, guna menghindari penumpukan kendaraan di Lampu Lima dan jalan Jendral Sudirman, pihaknya akan menempatkan petugas di ruas jalan tersebut guna menghindar kemacetan.

“Hal ini penting karena lalu lintas di kawasan itu perlu diawasi guna menghindari kemacetan maupun juga kecelakaan yang bisa saja terjadi di luar dugaan,” katanya. (ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s