Geliat Ormas Maluku di Luar Maluku


WADAH PERJUANGAN ATAU PANGGUNG PENCITRAAN

Banyak sekali Organisasi Kemasyarakatan (ORMAS) Maluku di berbagai wilayah di negeri ini, demikian juga banyak paguyuban-paguyuban Maluku. Semua wadah ini bentuk pendiriannya dilatarbelakangi dengan semangat yang berbeda-beda.

Banyak paguyuban-paguyuban kampung asal, juga etnis atau suku tertentu yang ada di Maluku. Demikian juga banyak ORMAS yang terbentuk terutama di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan lain sebagainya.

Keberadaan semua wadah ini sesungguhnya merupakan suatu cerminan akan kesadaran insan Maluku bahwa kita semua harus berada dalam wadah-wadah apakah itu paguyuban atau ormas untuk kemudian melalui wadah-wadah tersebut mampu berkontribusi kepada Maluku dan masyarakatnya.

Eksistensi peguyuban dan ormas Maluku sesungguhnya dapat dioptimalkan kontribusinya kepada daerah apabila di-managed dengan baik sehingga pemunculannya dirindukan dan diharapkan banyak pihak dengan kapasitas masing-masing wadah.

PENTINGNYA KADERISASI

Kaderisasi merupakan aspek penting dalam suatu wadah organisasi. Hal ini penting karena melalui wadah ini maka ada proses pembinaan kader, melalui berbagai metoda dan teknik pengkaderan, sehingga pada saatnya PAGUYUBAN atau ORMAS Maluku mampu untuk mempersiapkan generasi penerus melalui kapasitas dan kondisi obyektif dari masing-masing kader yang dipersiapkan.

Pembinaan dan penyiapan kader harus tetap mengacu kepada kebutuhan pembangunan saat ini. Kader yang dipersiapkan tidak hanya kader politik, tetapi kader pembangunan yang lain seperti kader koperasi, kader kewirausahaan, kader pariwisata dan kader kader lainnya untuk kemudian mampu mengisi berbagai lini usaha dalam pembangunan daerah Maluku ataupun di luar Maluku.

Namun sampai saat ini saya tidak melihat hal itu terjadi dalam berbagai aktivitas ORMAS maupun paguyuban Maluku di Jakarta, Surabaya dan kota-kota lainnya. Yang nampak adalah tokoh-tokoh lama dengan lebel yang baru sehingga TIDAK ADA RUANG bagi anak-anak Maluku muda yang berpotensi. Dimana saja tokoh-tokoh ini mendominasi panggung, yang mengesankan Maluku seakan tidak lagi memiliki SDM yang berpotensi.

Hal itu tercermin secara nyata, baik di panggung politik, baik eksekutif, legislatif dan partai politik, demikian juga panggung seni musik, dan panggung-panggung lainnya. Tidak ada kesadaran GENERASI SEBELUMNYA atau dengan kata lain GENERASI SEBELUMNYA terkesan tidak rela untuk memberikan ruang bagi generasi Maluku lanjutan untuk memainkan peran baik sebagai sutradara, ataupun artis/aktor dalam panggung pembangunan di Maluku maupun di level nasional.

Generasi tua Maluku harus BERLAPANG DADA mempersiapkan jalan bagi generasi muda Maluku untuk tampil ke permukaan, sehingga terjadi kesinambungan KADER dalam semua dimensi dan ruang gerak pembangunan yang ada.

WACANA FUSI ORMAS MALUKU

Beragamnya ORMAS dan PAGUYUBAN masyarakat Maluku di Jakarta, Surabaya dan kota-kota lainnya, cenderung mengesankan bahwa orang Maluku SULIT UNTUK BERJALAN BERSAMA dalam dinamika pembangunan saat ini, masing-masing kelompok dan etnis mecoba untuk memainkan peranan secara parsial.

Terkait dengan itu saya ingin mewacanakan agar, kita semua KETURUNAN ALIFURU ini bisa melihat bahwa Maluku harus diperjuangkan secara bersama tanpa mengenal etnis dan agama manapun, atau daerah manapun di Maluku. Saya usulkan agar semua tokoh ormas Maluku, untuk duduk bersama dan dengan lapang dada kita bicara secara terbuka semua persoalan Maluku di atas meja, untuk kemudian kita melakukan peleburan (fusi) menjadi satu wadah besar miliki semua orang Maluku di Jakarta dengan nama PERSATUAN MASYARKAT MALUKU INDONESIA (PERSAMMI).Sehingga semua orang Maluku diwadahi dalam satu WADAH BESAR.

Secara organisatoris jika Jakarta menjadi barometer, maka kedudukan PERSAMMI disebut Pengurus Pusat (PP-PERSAMMI). Dan kota-kota lain seperti Surabaya, bandung, makasar, Medan, Solo, Jogja, disebut Pengurus Daerah (PD PERSAMMI). Dengan hanya satu wadah besar seperti ini yang membidangi berbagai bidang startegis dan diisi oleh SDM Maluku sesuai kapasitas dan profesionalitas masing-masing individu, maka saya meyakini bahwa organ ini akan menjadi SUATU KEKUATAN PEMUKUL yang tangguh untuk memperjuangkan Maluku. PERSAMMI harus memiliki VISI dan MISI besar dan jangka panjang tentang Maluku, demikian juga harus memiliki legalitas formal, baik di Kemetrian Hukum dan HAM, juga Kementrian Dalam Negeri sehingga organ ini kemudian diakui oleh Negara.

PERSAMMI kemudian diposisikan sebagai GARDA TERDEPAN untuk membantu pemerintah provinsi Maluku, juga kabupaten.kota di Maluku dengan berbagai rancangan konsep pemikiran besar tentang pembangunan Maluku. PERSAMMI harus memainkan peran strategis sebagai suatu kekuatan BARGAINING kepada pemerintah pusat untuk memperjuangkan semua aspek pembangunan di Maluku. Dengan demikian wadah ini akan menjadi suatu organisasi besar di negeri ini dan diperhitungkan EKSISTENSI dan KREDIBILITAS nya.

WACANA BAGAN STRUKTUR ORGANISASI PP PERSAMMI
Pelindung : Gubernur Maluku (Ex Officio)
Ketua DPRD Maluku (Ex Officio)
Penasihat : Bupati/Walikota se Maluku (Ex Officio)
Ketua DPRD Kabupaten/Kota se Maluku (Ex Officio)
Dewan Pertimbangan Kode Etika : 9 (sembilan) orang
Ketua Umum : 1 (satu) orang
Ketua-ketua : 7 (tujuh) orang disesuaikan dengan posisi Departemen
Sekertaris Jenderal : 1 (satu) orang
Wakil Sekjen : 3 (tiga) orang
Bendahara Umum : 1 (satu) orang
Wakil Bendahara : 2 (dua) orang
Departemen-departemen:
Departemen Pengembangan Organisasian
Departemen Pengembangan SDM dan Kaderisasi
Departemen Studi dan Pengkajian Kelautan dan Kemaritiman
Departemen Studi dan Pengkajian Pariwisata dan Lingkungan Hidup
Departemen Studi dan Pengkajian Ekonomi dan UMKM
Departemen Studi dan Pengkajian Hukum dan Politik
Departemen Studi dan Pengkajian Hubungan Luar Negeri
Selain organisasi induk seperti ini, maka PP – PERSAMMI memiliki organisasi sayap antara lain:
1. PP – PETANI & NELAYAN PERSAMMI
2. PP – PEREMPUAN PERSAMMI
3. PP – PEMUDA PERSAMMI
4. PP – GERAKAN SOSIAL PERSAMMI
5. PP – GERAKAN CINTA LINGKUNGAN PERSAMMI
6. PP – PENGGERAK EKONOMI PERSAMMI
Untuk jenjang organisasi PD PERSAMMI di setiap Kota di Indonesia selain Jakarta maka terminologi Departemen diganti dengan Biro-biro.

ullis

OLEH: JULIUS R. LATUMAERISSA

Dosen Fakultas Ekonomi Unitomo Surabaya
Bidang Perencanaan Daerah dan Keuangan Daerah

5 thoughts on “Geliat Ormas Maluku di Luar Maluku

  1. Satudarah MC tidak ada hubungannya dengan ORMAS ataupun LSM.
    Dan anggota Satudarah MC bukan hanya orang Maluku saja tapi semua suku & ras ada di dalam lingkungan Motor Club tersebut, itu karena kebanggan orang indonesia yang mempunyai hoby di bidang motor dan bergabung dengan Satudarah MC yang sudah mendunia.
    Mohon anda koreksi dengan judul dan gambar yang anda berikan, itu tidak sinkron.
    Jangan hanya melihat dunia Maluku dengan sebelah mata, kalau mau tau informasi lebih detail tentang Satudarah MC silahkan datang kepada kami di sekretariat Satudarah MC Jakarta (mother chapter / first chapter for ASIA)
    Terimakasih.

    Like

  2. Satudarah asalnya dr belanda dan dirikan oleh murni anak” keturunan maluku tau nggak artinya satudarah…?? Bikin kotor satudarah sj kalian deng mencampur aduk suku dan ras!!!! Jangan liat satudarah sudah besar lalu asal gabung aja lu….brengsek!!!!

    Like

  3. hei alifuru,kanapa ose mara2….kalo satudarah su basar lalo ada yang mau gabung(terutama turunan alifuru/salam-sarani) apanya yang salah….jangan talalo picik ale…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s