Penyiapan SDM Blok Masela, Rektor Unpad Usul Buka Kelas Khusus di Daerah


satumaluku.com- Gubernur Maluku Said Assagaff terus melakukan penjajakan dengan berbagai perguruan tinggi ternama di tanah air dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) anak-anak Maluku yang akan ikut berperan dalam pengembangan blok gas abadi Masela. Salah satunya adalah Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Tepatnya pada Selasa (19/4/2016) lalu, Gubernur berkesempatan melakukan pertemuan dengan Rektor Unpad guna membicarakan peluang menyekolahkan anak-anak Maluku di Unpad, khususnya pada jurusan Pertambangan, Perminyakan, Geologi maupun Pariwisata.

Kepada wartawan di Ambon, Kamis (21/4/2016), Gubernur jelaskan bahwa pertemuan tersebut cukup memuaskan, karena Rektor Unpad menyatakan kesiapan dan dukungannya untuk membantu Maluku menyiapkan SDM handal bagi pengembangan Blok Masela.

Bahkan, kata Gubernur, ada hal menarik dalam pertemuan tersebut, dimana Rektor Unpad sendiri yang mengusulkan untuk Maluku membuka kelas khusus di daerah, bahkan di kabupaten juga bisa, dan nantinya pihak Unpad yang akan mengirimkan tenaga pengajar kesana.

“Jadi, ada yang menarik dalam pertemuan tersebut, dimana Rektor Padjajaran meminta atau mengusulkan agar kita membuka kelas khusus, di kabupaten juga bisa dan mereka akan kirim tenaga pengajar. Misalnya saja, ada pengajar yang tinggal selama tiga bulan, kemudian nanti akan diroling lagi dengan tenaga pengajar lainnya,” kata Gubernur.

Jadi, lanjut Gubernur, masalah SDM langsung ditangani di wilayahnya masing-masing. ”Nah, ini model-model yang akan kita kembangkan, dan saya tentunya tidak bisa bekerja sendiri, butuh dukungan semua pihak termasuk kalangan pemuda. Jadi, saya minta juga kepada generasi muda Maluku, stop berkelahi, dan mari kita pacu kemampuan kita agar bisa menjadi orang-orang yang handal,” ujar Gubernur.

Menyinggung tentang anggaran daerah yang bakal terkuras jika harus mendatangkan tenaga pengajar dari luar, Gubernur memastikan bahwa hal tersebut tidak akan menjadi masalah dan tentunya sudah merupakan konsekwensi, karena saat ini konsentrasi pemerintah akan benar-baner dipusatkan pada pembangunan dunia pendidikan dan kesehatan.

”Kedepan, tidak boleh lagi ada orang Maluku yang bodoh atau orang Maluku yang sakit-sakitan. Semuanya harus sejahtera,” tandas Gubernur.

Untuk itu, Gubernur juga berharap peran KNPI Provinsi Maluku yang menjadi wadah berhimpun OKP-OKP yang ada di daerah ini, agar ikut membantu pemerintah daerah dalam penyerapan generasi muda terhadap sumber-sumber potensial Maluku yang begitu besar.

Menurut Gubernur, angka pengangguran di Maluku tidak sampai 10 persen. Dan dengan penyerapan tenaga kerja yang akan mencapai ratusan ribu nantinya di Blok Masela, maka tidak akan ada lagi orang Maluku yang menganggur. ”Sekarang yang terpenting adalah, kita harus siap di semua bidang ilmu,” tandas Gubernur.

DARWIN-SAUMLAKI
Dalam kesempatan itu, Gubernur juga katakan bahwa dirinya terus mendesak pembukaan jalur penerbangan Darwin- Saumlaki. Hal ini bertujuan agar kedepan bisa juga dikirimkan pada lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan di Australia.

”Bisa saja mereka kita kirimkan ke Darwin, dalam tiga tahun pasti kemampuan Bahasa Inggris mereka akan meningkat. Setelah itu, silahkan kalau mereka mau melanjutkan pendidikan ke kota-kota lain di Australia, yang penting sudah punya dasar Bahasa Inggris yang bagus. Kita kan dekat dengan Australia, jadi kita juga harus bisa memanfaatkan SDM yang ada disana untuk kemajuan anak-anak kita,”demikian Gubernur.(febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s