Gerindra Uji Kelayakan Balon Kepala Daerah, Lewerissa: Tak Ada Pengerahan Dukungan


satumaluku.com- Partai Gerindra menggelar uji kepatutan dan kelayakan para bakal calon (balon) kepala daerah, yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2017 pada lima wilayah di Provinsi Maluku, yakni Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Seram Bagian Barat (SBB), Buru dan Maluku Tenggara Barat (MTB).

Uji kepatutan dan kelayakan tersebut berlangsung selama dua hari, Jumat (22/4/2016) dan Sabtu (23/4/2016) di Gedung Wanita dan diikuti sedikitnya 24 balon kepala daerah.

Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku, Hendrik Lewerissa mengatakan, uji kelayakan dan kepatutan merupakan mekanisme internal Partai Gerindra sebagai kelanjutan dari kegiatan proses penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, yang telah ditentukan oleh DPC pada lima daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak pada Februari 2017 mendatang.

Menurutnya, hasil uji kelayakan ini kemudian akan menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting bagi DPP dalam menentukan sikap politik, terkait dengan rekomendasi politik yang akan diberikan kepada pasangan calon.”Uji kelayakan ini juga memberikan kita kesempatan secara internal untuk mengetahui kompetensi serta integritas dan moralitas dari bakal calon yang mendaftar di Gerindra,” katanya.

Dikatakan, kewenangan untuk menilai kompetensi dan kapasitas seorang bakal calon bukan berada pada Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena KPU hanya menguji pasangan dari sisi administrasi. Sedangkan kompetensi dan integritas pasangan calon adalah kewenangan publik dan partai politik untuk menguji dan menilainya.

”Karenanya, dalam kesempatan ini kita ingin mendengar visi dan misi para bakal calon terkait dengan rencana mereka untuk mengembangkan daerah jika nanti terpilih. Artinya, lewat uji kelayakan ini kita bisa mendapatkan gambaran sosok ideal untuk kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan kita rekomendasikan nanti,” ujarnya.

Diakuinya, tantangan geografis dan rentang kendali di Maluku sangat tidak mudah, sehingga seorang kepala daerah harus memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk bisa menjawab tantangan menjadi peluang. Untuk itu, rencana untuk membawa rakyat lebih sejahtera lima tahun kedepan semuanya akan tergambar dalam proses uji kelayakan dan kepatutan tersebut.

TAK ADA PENGERAHAN DUKUNGAN

Sementara itu, menyinggung tentang adanya sejumlah kader Partai Gerindra yang juga ikut dalam proses pencalonan kepala daerah kali ini, Lewerissa tegaskan bahwa baik kader maupun non kader yang ikut dalam proses di Partai Gerindra, semuanya akan mendapat perlakuan yang sama dan semua juga punya
peluang yang sama untuk mendapatkan rekomendasi.

Untuk itu, lanjutnya, tim panelis yang dipakai sebagai penguji dalam proses ini adalah para guru besar yang memiliki kompetensi keilmuwan dari berbagai latar belakang ilmu yang sangat mumpuni, dan mereka sangat objektif. Anggota tim
panelis yang menguji para bakal calon kepala daerah adalah, Prof Dr M.J. Sapteno (Rektor Universitas Pattimura), Prof Dr Tony Pariela, Prof Dr J. Leiwakabessy dan Dr Abidin Wakano.

”Jadi, selain hasil survey, hasil kompetensi ini juga sangat penting dan menjadi nilai plus bagi kita dan saya bisa pastikan kepada publik bahwa tim ini akan bekerja secara objektif dan profesional,” tandasnya.

Menyinggung tentang adanya kabar bahwa telah terjadi pengerahan arah dukungan kepada bakal calon tertentu di Partai Gerindra, Lewerissa membantahnya.”Saya tegaskan bahwa tidak benar telah terjadi pengerahan arah dukungan. Sebagai Ketua DPD, saya pastikan itu tidak benar dan itu adalah sebuah pemikiran yang sesat. kita akan bekerja profesional, transparan dan akuntabel,” tegasnya.

Terkait dengan rekomendasi, menurutnya itu adalah kewenangan DPP. ”Kita hanya melakukan proses-proses persiapan teknis, dan hasilnya kita bawa ke Jakarta untuk selanjutnya DPP yang akan memutuskan. DPD dan DPC kemudian berkewajiban untuk mengamankan keputusan tersebut,” demikian Lewerissa. (febby kaihatu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s