Kilas Balik Saat Kombes Ely Djamaluddin Menindak Oknum Polisi dan TNI


satumaluku.com- Lepas dari kasus yang tengah membelitnya saat ini, Kombes Ely Djamaluddin juga memiliki prestasi saat menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Utara (Malut). Dia dikenal tegas dan tidak pandang bulu dalam memberantas peredaran narkoba.

Siapapun yang terlibat kasus narkoba, termasuk anggota TNI maupun Polri, ditangkap dan diproses hukum. Salah satu sikap tidak kompromi putera Maluku asal Jazirah Leihitu, Maluku Tengah itu adalah ketika BNNP Maluku Utara menangkap dan memproses hukum salah satu perwira menengah Polda Maluku Utara.

Kejadiannya, pada awal September 2014 lalu. Saat itu, BNNP Malut melakukan penyelidikan terkait penemuan tujuh narkoba jenis sabu di salah satu jasa pengiriman di Kota Ternate. Hasil pengusutan menunjukkan bukti bahwa narkoba tersebut milik seorang oknum anggota polisi yang bertugas di Maluku Utara.

Tahu bahwa paket sabu itu milik oknum perwira polisi, Ely Djamaluddin bersama jajarannya tetap melakukan pendalaman bahkan akhirnya Kompol berinisial AI itu ditangkap dan ditahan BNNP Maluku Utara setelah ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Heran dengan Kasusnya, Kombes Ely Djamaluddin Tetap Merasa Tak Bersalah

Saat itu, Ely Djamaluddin mengatakan pihaknya tidak memberikan keistimewaan kepada Kompol AI, walaupun dia seorang perwira menengah di Polda Malut.

Tak hanya kepada anggota Polisi, BNNP Maluku Utara yang dipimpin Ely Djamaluddin juga tak segan-segan menindak oknum anggota TNI Praka MM, anggota Kodam XVI/Pattimura yang memiliki narkoba jenis ganja. BNNP Malut kemudian menyerahkan proses hukum selanjutnya kepada Polisi Militer.

Ely Djamaluddin juga menegaskan, tak segan-segan untuk menindak siapapun yang diduga terlibat dalam jaringan narkoba dan siapapun dia. Tak peduli apakah oknum tersebut anggota Polri maupun TNI. “Siapapun yang diduga terlibat dan menjadi pengedar narkoba pasti ditindak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, tanpa pandang bulu,” ujarnya tegas, saat itu. (ald)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s