Memperingati Hari Bumi dan Kantong Plastik Berbayar di Ambon


Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional.

Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian dan rasa cinta manusia terhadap planet yang ditinggali ini yaitu BUMI. BUMI adalah IBU bagi setiap sisi kehidupan manusia dan semua mahluk ciptaanNYA.

Hari bumi dicetuskan sebagai bentuk keprihatinan masyarakat pada bumi terhadap kelestarian bumi kita. Hal ini didasari terjadinya kerusakan lingkungan yang semakin parah / menurunnya kualitas bumi sebagai lingkungan hidup untuk menyelamatkan bumi makan perlu dijalankan program pelestarian bumi.

Seiring dengan pertumbuhan penduduk di masa depan, beban bumi akan semakin berat. Karena itu ada beberapa cara mudah mencintai dan merawat Bumi. Misalnya mengurangi penggunaan energi, mengurangi makan daging, mengembangkan pupuk kompos, dan menyesuaikan suhu air.

Selain itu berhenti gunakan kantong plastik, dan Jangan lupa mematikan listrik. Itulah beberapa cara sederhana untuk selalu mencintai Bumi.

Kalau tidak sekarang memulainya, kapan lagi Dan jika bukan kita, siapa lagi yang memulai aksi mencintai Bumi

Melihat hal tersebut pemerintah provinsi Maluku pada umumnya dan pemerintah Kota Ambon pada khususnya harus memperhatikan kembali program katong Plastik berbayar sejak diberlakukan 26 februari 2016 dengan mematok harga Rp5.000/katong plastik.

Dalam hal ini, penerapannya bukan hanya pada tingkat pasar swalayan ataupun mini market, namun harus sampai pada kios-kios kecil untuk menghindari penggunaan kantong plastik yang tidak bisa terurai.

Faktanya, setelah aturan itu berlakukan, perilaku masyarakat belum berubah. Masyarakat cenderung untuk membeli kantong plastik yang disediakan toko dibandingkan membawa kantong belanja sendiri. Padahal, surat edaran Men LHK itu dimaksudkan untuk membatasi penggunaan plastik yang dianggap merusak lingkungan.

Karena itu, sebaiknya, dalam memperingati Hari Bumi, sekolah, Kampus dan perusahan melakukan kegiatan diet katong plastik, penanaman pohon serta car free day. Hari dimana cara khusus warga bumi ‘berterimakasih’ kepada bumi.

Pemerintah harusnya ambil bagian dalam mengurangi tingkat polusi, membuat lingkungan bumi lebih sehat . (*)

lsm

“LSM PLANNING MALUKU”

Ketua : Jamaluddin Mahulette. ST

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s